Era Baru Pemasaran Indonesia

era baru? memang perubahan didunia ini terus berjalan. Tentu kita sadari ataupun tidak. Sama halnya juga di dunia kesehatan yang saat ini kita jalani. inilah yang disebut trend kata guru-guru pemasaran saya….

Cek Kadar Asam Urat

Selain memang customer 3000 itu electronic freak, mereka ternyata juga lebih perhatian kepada kesehatan lho. Apa lagi kalau di bumbui dengan gengsi. Jelas semacam fitness first dan celebrity fitness laris manis. Sama juga halnya menjaga kesehatan lainnya. Makan dan minum kini lebih diperhatikan. Kalau memang lebih sehat, tidak peduli lebih mahal pasti di beli.

Selain itu tren kembali ke pengobatan alami juga terus menguat. Kini dokter tidak bisa lagi semena-mena meresepkan obat ke pasiennya. Sebelum tebus pasti sempatkan sejenak googling cari tahu obat apa yang diresepkan. Jika tidak yakin pilih tidak ditebus, walau punya uang! Ya trend kembali ke alami dengan obat tradisional asam urat, untuk masalah batuk pilek, hipertensi juga meningkat pesat.

Laboratorium kini juga ramai bukan saja karena ada penyakit baru yang berbagai macam muncul, tetapi customer 3000 ini sudah melek akan pentingnya mengevaluasi tingkat kesehatan sedini mungkin. Mobil motornya aja rutin masuk bengkel sesuai KMnya. Masa dirinya sendiri tidak rutin di cek. Betul juga ya…

Hadirnya internet yang makin tidak terlepaskan dari kehidupan. Facebook dan twitter jadi sarana curhat dan mencari informasi membuat pemasaran pun berubah halauan. Kini tidak serta merta iklan TV dan radio saja yang mentah diterima, tapi memerlukan pendekatan personal lebih jauh baik melalui media social maupun pendekatan lebih intim via telepon maupun SMS. Oh ya… ada satu lagi yang harus dicatat media BBM! bukan bahan bakar minyak yang besok naik ya, tapi BlackBerry Messenger ini juga sarana yang sangat powerful mendekati konsumen.

Entah sampai kapan Facebook, twitter, dan BBM akan bertahan, tapi yang pasti channel ini perlu dimiliki di era pemasaran 2012 ini. Pendekatan satu arah, horisontal, dan produk centris akan semakin terkikis. Konsumen mau yang lebih customeble, lebih flexible, lebih personal lagi.

Siapkah anda menghadapinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s