Silaturahimnya para pengusaha

Ini adalah era entrepreneur 5000. Ya itulah gembor dari pemerintah maupun beberapa pakar dan pengamat dunia kewirausahaan. Saya pribadi sih kurang jelas apa arti 5000 itu. yang pasti bahwa indonesia akan siap menuju GDP 5000. Kalau kata mas yuswohady era 3000 telah lewat, dan tentunya tangga sakral berikutnya ada di 5000.

Selain GDP, data menarik lainnya adalah masuknya indonesia dalam G20, dan masuk dalam investment grade. Apa artinya bagi para pengusaha asli indonesia? ya tentu pertama pasarnya sudah ada, tinggal bagaimana kita dapat memproduksi dengan kualitas produk yang baik, dan ditambahkan dengan pelayanan yang lebih baik. Konsumen kita tidak bisa lagi dilihat sebelah mata. Penampilan boleh jadi biasa, sarungan. Tapi kantong-nya booooo….

Nah menghadapi era ini, tentu para pengusaha khususnya UKM harus juga bersatu serta terbuka untuk mau belajar dan meningkatkan ilmu serta skillnya. Saat ini sangat banyak lembaga pelatihan kewirausahaan. Sekolahan, kampus juga berbondong-bondong menghadapi euforia tersebut. Pemerintah kini, baik melalui departemen maupun BUMN juga terus mendorong menggerakkan UKM.

Inilah kesempatan UKM untuk bisa bangkit dan berlari lebih kencang. Dan tentunya UKM sebaiknya bisa berlari bersama. Seiring berjalan. Tantangan ada, dan semangat juga terus harus dibangkitkan. Naik turun adalah hal biasa. Tidak heran juga pak dahlan mendoakan agar UKM cukup banyak juga yang bangkrut. Artinya siap menghadapi kondisi buruk, makin kuat dalam segala kondisi.

Salah satu alat penting dalam berwirausaha adalah silaturahim. Dengan membuka networking dan jalur pertemanan, UKM akan semakin cepat belajar dan mengadopsi ilmu baru. Bandingkan jika pengusaha suruh belajar di bangku kelas. Tentu sangat membosankan.

Jika teman-teman tertarik belajar dan diskusi lebih jauh, ayo silaturahim bareng di pertemuan 1-2 mingguan yang kami beri nama “breakfast meeting” ini. So tunggu apa lagi, ayo gabung minggu depan!

Satu pemikiran pada “Silaturahimnya para pengusaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s