Bisnis Mikro dan UKM Harus Naik Kelas

Hari ini alhamdulillah saya masih di surabaya mengikuti event pemprov Jatim untuk mendorong UKM untuk dapat naik kelas dari sisi inovasi dan pengemasan produk. Secara umum ide dasarnya cukup bagus, walau di sana sini banyak kelemahan. Maklum dinas pemerintahan bukan EO sehingga banyak hal potensial yang belum berjalan optimal. Tapi dari semua kelemahan itu, saya pribadi masih menghargai pemerintahan yang jauh lebih peduli. Semoga bisa belajar dari china dan negara tetangga lain yang sangat mendukung bisnis mirkro.

Pada kesempatan ini saya bertemu teman-teman yang benar-benar UKM, alias usaha kecil milyaran. Bisnis yang dikelola 1-2 orang, bersama keluarga tapi secara hasil financial sudah luar biasa. Ruko mentereng di beberapa lokasi, penasanan kripik lokal dan export ber ton-ton, bumbu masak, sayur mayur berkualitas, dekorasi rumah, kerajinan, furniture, batik special order, kosmetik tradisional, jamu dan herbal alami, dan berbagai jenis bisnis lain yang bertahan bertahun-tahun, hari ini semua kalang kabut. kenapa? Lack of capacity!!!

Teringat kata pak hermawan di event akhir tahun, bahwa akan terjadi kekosongan yang harus segera diisi. Market dan pasar sudah siap menyerap. Uang sudah banyak beredar, tinggal siapkan bisnis mikro dan UKM masuk?

Tentu pasar yang punya uang, tidak mau memilih barang yang sembarangan. Mereka adalah orang-orang terdidik, melek internet, dan tentu sadar akan kualitas.

Tentu jika dilihat UKM tidak bisa mengharapkan pemerintah dalam mengembangkan bisnisnya. UKM dan bisnis mikro jauh lebih pinter dari mereka lho. Umur muda, semangat maju, rajin belajar banyak ditemukan di UKM #3000 ini. SO tidak ada pilihan lain kecuali segera berbenah diri. Meningkatkan kualitas, meningkatkan kapasitas.

ayo kerja lagi 😀

Iklan

Satu pemikiran pada “Bisnis Mikro dan UKM Harus Naik Kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s