Insight Markplus Conference 2012 Buat Bisnis Mikro

Event ekonomi penting di akhir 2011 akhirnya sukses diselenggarakan Pak Hermawan Kertajaya dan Tim dalam event MarkPlus Conference 2012. Event tahunan yang sudah terselenggara rutin lebih dari 6x itu menyedot banyak sekali perhatian dari marketer. Tidak heran ada lebih dari 5000 marketer menyerbu Ritz carlton di pusat ekonomi jakarta 15 Desember kemaren.

Buat saya pribadi event Markplus Conference 2012 adalah pengalaman pertama saya untuk belajar langsung pada pak hermawan yang sebelumnya saya serap ilmu beliau melalui buku-buku dan tulisan beliau di media.

Saya pribadi pikir event Markplus Conference 2012  ini luar biasa banget karena di event seperti ini kita bisa belajar menyerap ilmu perusahaan korporasi dan mencari networking tentunya. Memang ada beberapa sahabat yang merasa event ini tidak memberi manfaat karena “levelnya ketinggian”. Tapi saya pribadi semuanya selalu berawal dari mindset kita kan. Setelah makan siang saya pikir keras bagaimana caranya networking dengan pebisnis besar, walau skala bisnis saya masih mikro. Dan Alhamdulillah apa yang saya pikirkan terwujud juga, akhirnya bertemu salah seorang peserta seminar Markplus Conference 2012 yang sangat antusias dengan produk yang saya tawarkan.

Ok, di tulisan kali ini kita akan bahas insight yang bisa kita ambil dari Markplus Conference 2012 untuk bisnis mikro (UKM)

1. Dua Teknologi Yang Memberi Peluang Kelas Bawah Untuk Naik Kelas

Paparan ini secara gamblang dijelaskan Pak Dahlan Iskan dalam penganugrahan marketer fo the year di Markplus Conference 2012. Beliau mengutarakan bagaimana teknologi internet yang begitu murah kini telah menjadi suatu alat revolusi baik politik dan ekonomi. Coba lihat kasus beberapa revolusi politik di mesir, dll yang didukung oleh teknology social media. Dan jelas juga potensi ini dapat dimanfaatkan oleh kelas bawah memulai bisnis dengan modal yang sangat rendah. Toko online, jual jasa online, dan berbagai bentuk bisnis online tumbuh pesat dan dimulai dari kelas bawah.

Teknologi berikutnya adalah sepeda motor. Salah satu alat ekonomi yang sangat penting adalah mobilitas, bagaimana saat ini sepeda motor sudah menjadi barang yang sangat murah. Andaikan menyicil pun bisa dimulai dari Rp. 250.000 saja. Dan biaya bensin semakin murah karena motornya juga semakin ramah lingkungan (baca : irit). Dengan sepeda motor, kini kaum bawah dengan bisnis mikronya mampu memiliki kemampuan mobilitas yang sama cepatnya dengan kaum menengah dan atas. Bahkan kini motor lebih cepat sampai dibanding mobil.

Nah, dua teknologi itulah yang akan menjadi revolusi ekonomi dan alat penting bagi kelas bawah untuk naik ke kelas menengah, dan insyaallah bisa naik ke kelas atas.

2. Pasar Yang Terbuka Dan Persaingan

Tahun 2011, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap perkasa dibalik belum selesainya kasus di US dan mulai terbongkarnya ekonomi Eropa yang makin bermasalah. Akibatnya perusahaan besar US dan Eropa, dan juga Asia akan ramai ramai menyerbu Indonesia.

Semua akan beradu menjadi yang terbaik untuk memberikan pelayanan bagi konsumen Indonesia yang tercatat GDP-nya sudah lebih dari USD3000 / tahun. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar sekelas BMW, Toyota, akan masuk ke Indonesia, bahkan perusahaan UKM dan mikro dari luar akan berbondong-bondong masuk. Coba lihat fenomena MLM dari negeri seberang yang luar biasa menyedot perhatian juga…

Nah, disisi usaha mikro dan UKM adalah tantangan besar bagaimana memperbaiki produk, layanan untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Masalahnya bukan di deman (pasar) tapi di supply nya, kata pak hermawan di Markplus Conference 2012. Supply bukan saja ketersediaan barang saja, tetapi terkait Quality, Cost dan Delivery-nya.

Usaha mikro memiliki peluang menang di cost dan delivery, karena masih sangat efisien. Lha wong barang masih dikirim sendiri. Pesanan jam 11 malam masih diterima karena customer servicenya ownernya sendiri :p

Nah mari kita diskusikan lagi benefit apa yang bisa bisnis mikro tawarkan jauh lebih baik dibanding produk dari korporasi yang sudah berbiaya fix cost tinggi.

3. Growth Korporasi hanya 5-20%, Usaha Mikro Bisa Go Double bahkan Go Triple

Di sesi terakhir ada beberapa panelis Markplus Conference 2012  yang ditanya tentang bagaimana peluang bisnis di 2012? Mereka rata-rata dari asosiasi bisnis dan membeberkan data perkembangan sales di 2011 serta prediksinya di 2012. Secara umum sales 2011 naik dan persaingan semakin meningkat, tetapi semua optimis naik di 2012. Jelas, pasarnya ada.

Dan korporasi, karena memang sudah besar, tidak bisa bergerak cukup banyak sebenarnya. Seperti motor honda, dijelaskan pak yohanes loman sebagai marketer 2011 hanya menargetkan pertumbuhan pasar motor 5% saja!

Nah ini sebenarnya harus bisa dimanfaatkan oleh bisnis mikro, karena secara pertumbuhan bisnis mikro ini berpeluang untuk meningkatkan omzet antara 200% – 300% lho. Dan tentunya harus dilakukan dengan strategy dan eksekusi yang tepat.

Bagaimana bisnis mikro dan UKM bisa bertumbuh?

Salah satunya adalah bergabung dengan komunitas-komunitas bisnis. Dengan bergabung dengan komunitas, disana ada kesempatan untuk belajar, menggali ide, bermitra, memiliki guru, mentor, konsultan agar percepatan bisnis jauh lebih cepat. Saat ini usaha mikro tidak bisa sekedar action saja. Tapi harus disertai dengan ilmu marketing dan teknologi yang tepat guna.

Januari ada event untuk bisnis mikro dan UKM terbesar di Indonesia. Daftar segera di http://tangandiatas.com

6 pemikiran pada “Insight Markplus Conference 2012 Buat Bisnis Mikro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s