[Ads Mastery] #1 Apa Perlu Beriklan?

Bulan desember ini, blog ini akan membahas tentang Advertising Mastery, atau bagaimana membuat iklan bagi bisnis UKM. Selalu menjadi pertanyaan mendasar bagi semua pebisnis diawal adalah : “apakah saya perlu beriklan?”

Bisa jadi beberapa orang akan mengatakan jelas kita harus beriklan.
Dari mana kita akan mendapatkan pembeli jika kita tidak beriklan?
Bagaimana orang mengetahui produk dan layanan apa yang kita jual jika kita tidak beriklan?

Ya, salah satu teknik mendapatkan pembeli adalah dengan beriklan. Apa yang sebenarnya dilakukan oleh si “iklan” ?

Menurut brad sugar, iklan adalah sarana untuk kita menemukan calon pembeli, dan calon pembeli menemukan kita. Bisa jadi iklan ibarat jembatan yang membawa calon pelanggan menuju transaksi.

Tapi bisa jadi ada yang berpendapat berbeda, umumnya muncul dari pengalaman buruk dalam beriklan. Seperti kasus sahabat saya yang diawal bisnis-nya sudah harus mengeluarkan puluhan juta untuk memasang iklan di iklan baris, iklan kolom, adlips radio, pasang poster, sebar flyer, tetapi hasilnya jauh dari yang diharapkan.

Kalau menurut saya pribadi, beriklan tetaplah wajib dan harus. Penguasaan akan materi iklan yang baik, timing yang tepat, menyentuh target market yang sesuai haruslah dikuasi. Beriklan tentu tidak cocok untuk semua jenis bisnis. Untuk bisnis yang langsung ke konsumen, iklan adalah sarana yang sangat luar biasa. Tapi jika anda berbisnis untuk perusahaan atau B2B konsep salesmanship akan jauh lebih dahsyat.

Apa yang perlu kita lakukan dalam beriklan pada dasarnya kita harus mengetahui beberapa titik kritisnya terlebih dahulu  yaitu “apa tujuan kita dalam beriklan?”

Jika kita berpikiran untuk hanya membuat konsumen tahu akan produk kita, jelas iklan kita tidak akan menghasilkan penjualan yang baik, dan akhirnya iklan akan menjadi komponen biaya dalam bisnis kita. Jangan terlalu sombong mengatakan produk kita yang terbaik, menggunakan bahan dari luar negeri, lebih canggih, karena bisa jadi produk itu tidak memberikan benefit atau manfaat bagi pembelinya.

Iklah pada dasarnya adalah leads collection. apaan tuh?

artinya bagaimana kita bisa mengumpulkan dan berkomunikasi dengan calon pembeli kita. Ya calon pembeli yang tepat. Mereka akan dengan senang hati dan bersedia mengeluarkan uang untuk menggunakan jasa dan produk yang kita tawarkan. Pak Heppy trenggono juga mengingatkan pentingnya kita mengetahui target market yang tepat. Produk untuk pria berbeda dengan untuk wanita. Produk untuk remaja berbeda untuk usia 40 tahun keatas.

Dengan mengumpulkan calon pembeli yang tepat maka akan dengan mudah bagi kita untuk membantu calon konsumen memenuhi kebutuhannya. Dan tentunya disanalah terjadi transaksi.

tentu kita semua sudah mengetahui rumusan =
Leads x convertion = customer

Artinya jumlah calon pembeli dikalikan konversi adalah jumlah konsumen kita. Salah satu teknik meningkatkan Leads adalah dengan beriklan.

Sudah siapkah anda beriklan?

Rencananya akan dibuat berseri dalam beberapa artikel. Oh ya, silahkan submit juga email teman-teman untuk mendapatkan artikel ini secara lengkap dengan mengisi form langganan di sidebar sebelah kanan.

4 pemikiran pada “[Ads Mastery] #1 Apa Perlu Beriklan?

  1. mantaps ulasanya pak Annas, iklan memang perlu dan harus. tetapi sebelum beriklan kita harus bisa menentukan target iklan produk kita dan media apa yang tepat untuk iklan kita. Evaluasi dan analisa hasilnya untuk perbiakan iklan-iklan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s