pilihan hidup

Coba perhatikan demam entrepreneurship di sekitar kita. Dulu waktu saya kuliah, hampir semua berebut untuk mencari lowongan. Tentunya perusahaan besar, BUMN, menjadi target utama. Saat ini setiap ada pembukaan lowongan dan test nampak semua sangat antusias. Apa lagi kalau sudah terpanggil untuk wawancara dan test kesehatan.

Saat itu hanya sedikit sekali teman-teman yang tertarik untuk membuka bisnis sendiri. Beberapa teman yang mulai membuka bisnis cenderung cuek dan tidak terlalu bersemangat. Walau dibilang bisnis nya juga lumayan jalan. Entah tidak PD atau minder, tapi memang kebanyakan yang tidak memiliki kemampuan akademis tinggi tidak terlalu antusias ikut test dan mencari lowongan.

Kini kondisinya mulai berubah. Paradikma kewirausahaan mulai kental. Beberapa orang-orang senior yang saya temui jauh lebih menghargai anak muda yang berjuang sendiri. Walau sekedar jualan barang, bisnis kecil-kecilan dari rumah, atau jasa yang simple. Mereka mulai melihat bahwa peluang berbisnis sangat menjanjikan juga bagi masa depan.

So saat ini keputusan di tangan kita. Menjadi karyawan juga bukan hal yang buruk, dan menjadi wirausahawan juga suatu pekerjaan mulia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s