Teknik Membeli Property Dari Developer

Tulisan ini dibuat oleh sahabat yang jago property.
selamat menikmati :

Teknik untuk membeli rumah dari property bisa didapatkan ketika di pameran property yang banyak diadakan di hall maupun mall-mall

Pada saaat kita membeli rumah hal yang perlu diperhatikan.

1. Pelajari brosur dan price list dari rumah yang ditawarkan. Perhatikan denah bangunan, jumlah ruangan, bahan2 yang digunakan, asesoris yang dipakai, diskon yang diberikan dll.

2. Baca mengenai ketentuan transaksi yang ada di bawah brosur. Biasanya berisi ketentuan mengenai cara bayar, pajak (PPN), biaya notaris dll. Tanyakan masing2 ketentuan tersebut.

3. Sebelum membayar uang tanda jadi yang besarnya mulai 500 ribu sampai puluhan juta, tanyakan dulu skedul pembayaran untuk uang muka, tenggang waktu dari UTJ ke uang muka biasanya 2 minggu sampai 1 bulan.

4. Kalo pembayaran memakai fasilitas KPR, sebelum membayar uang muka lebih baik diproses dulu KPRnya sehingga kita bisa tahu hasilnya. Tanyakan mengenai ketentuan kalo KPR di tolak oleh bank (bagaimana dengan uang yang sudah kita bayar ke developer).

5. Hasil pengajuan KPR ke bank biasanya bisa ditolak, disetujui tidak sesuai dengan pengajuan, disetujui on plafond (sesuai dengan yang kita minta). Tanyakan solusi terhadap hasil diatas terutama jika di tolak (apakah bisa diangsur langsung ke developer dan berapa lama dikasih waktu untuk ngangsur), tambahan waktu pembayaran uang muka jika disetujui di bawah plafond (harus menambah uang muka).

6. Ajukan KPR minimal ke 3 bank sehingga kita bisa membandingkan hasilnya. Pilih bank yang memberikan hasil terbaik (suku bunga, biaya proses).

7. Jika pembayaran secara cash keras pastikan mendapat diskon terbaik dan jika pembayaran melalu cash bertahap ke developer pastikan mendapatkan waktu terlama untuk mengangsur.

8. Tanyakan mengenai skedul serah terima rumah termasuk sanksinya jika terjadi keterlambatan dari developer.

9. Tanyakan mengenai jaringan air minum atau sumber air minum dan jaringan listrik serta telpon.

10. Tanyakan mengenai layanan purna jual.

Selamat berburu property

by ato sunarto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s