Keunggulan Kualitas, Harga, atau Pengiriman?

Alhamdulillah sore yang segar ini masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan untuk belajar dan bekerja.

Semalam baru terinspirasi dari buku hermawan kertajaya yang memberikan pencerahan tentang memiliki keunggulan dalam bisnis. Dalam setiap bisnis agar dapat terus berkembang, tahan dihantam masa adalah memiliki keunggulan. Keunggulan apa yang anda miliki di bisnis anda?

Jelas memiliki keunggulan hukumnya adalah wajib. Secara sederhana ada 3 jenis keunggulan yang dapat dimiliki. Harusnya sih ketiganya harus dikuasai, tetapi hanya dengan 1 keunggulan sebenarnya bisnis kita sudah siap untuk menjadi market leader.

1. Keunggulan kualitas
Sebagai pemilik bisnis, anda dapat menyasar kenggulan kualitas dari produk. Umumnya keunggulan kualitas ini dimiliki perusahaan yang cukup matang. Segmen yang disasar juga diatas rata-rata. Misalnya cafe kopi starbuck memiliki kemampuan meracik minuman kopi dengan rasa yang nikmat, dipadukan dengan konsep bisnis baru menjadikan sebuah bisnis warung kopi yang mendunia

2. Keunggulan harga
Beberapa konsumen yang “price sensitive” sering disasar produk yang memiliki keunggulan di sisi harga yang lebih rendah. Banyak sekali ditemukan produk buatan cina yang memiliki harga yang kadang tidak masuk akal. Tetap laku walau sering juga kualitasnya mengecewakan.

3. Keunggulan delivery
Konsumen saat ini membutuhkan kecepatan. Saat ini konsumen mengingikan pelayanan express, kilat, ONS, bayar ditempat, instan, dan semua yang berbau “delivery”. Tidak heran bisnis kargo sangat menjamur. Perusahaan sekelas TIKI, JNE, FedEx memiliki keunggulan delivery dan menjadikannya sebagai core bisnis B2B yang powerful.

Nah kini kembali ke bisnis kita masing masing. Keunggulan mana yang anda pilih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s