awas web anda dianggap berisi trojan

Ini adalah pengalaman saya pertama di dunia online. Sebelumnya pernah email dibajak, web di hack, dan kasus yang terakhir dihadapi adalah web dianggap berbahaya oleh google!!!

ini jelas malapetaka besar bagi pemilik bisnis online. Bayangkan saja, sudah dioptimasi untuk bisa masuk halaman google, pasang iklan kanan kiri, sebar di brosur dan media cetak lainnya, waktu orang datang ke web kita diperingati oleh browser bahwa situsnya berbahaya dan dapat merusak perangkat anda…..

Jelas dijamin 99,99% calon pengunjung akan kabur ketakutan!!!

Wah lalu kalau web kita sampai terjadi hal tersebut, apa yang harus dilakukan?

ok, saya coba bantu beberapa langkah sederhana untuk membereskan masalah jika web anda dianggap berbahaya oleh google maupun browser :

1. Cari tahu penyebabnya. Gunakan Google Webmaster.

2. Rata-rata jika anda menggunakan plugin pihak ke tiga, ada peluang php maupun JS anda dimuati penumpang gelap. Coba ditilik plugin / themes apakah dalam 1 minggu terakhir ada perubahan. Jika ya, ubah kesettingan lama dahulu.

3. Masuk google web master anda, cari detail dimana trojan itu ditanam, Biasanya di engine WP berupa file JS. Google akan dengan senang hari memberi tahu anda file mana yang bermasalah.

4. Hapus file php atau JS yang mengandung konten berbahaya sesuai dengan petunjuk google, lalu pastikan untuk atur setting seperi sebelum anda lakukan perubahan (baca item no 2)

5. Jika anda telah yakin tidak ada lagi file berbahaya di server anda, lakukan request review / submit review, minta tolong pada google agar anda di bebaskan dari tuduhan trojan tersebut.

6. Google akan melakukan verifikasi sampai 24 jam untuk menormalkan web anda

7. Coba cek 1×24 jam di google web master, apakah masih ditemukan masalah lainnya.

Semoga web anda selamat dari tuduhan yang berbahaya semacam itu. Pastikan software / plugin / themes yang anda pakai memang bebas dari trojan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s