4 langkah sukses

langkah suksesKenalkah anda dengan napoleon hill?

simak sedikit profil beliau wikipedia napoleon hill

Karangan beliau 80 tahun yang lalu tetap menjadi referensi banyak motivator modern di Indonesia seperti Pak Tung Desem dan banyak lagi lainnya. Sedikit saya mencari referensi pandangan napoleon hill tentang kesuksesan. Beliau menjabarkan dalam 4 langkah :

1. Berkhayal

Segala kesuksesan harusnya diawali dengan khayalan, keinginan, cita-cita, goal, impian. Banyak yang telah mengembangkan bagaimana berkhayal yang benar. Salah satu tools yang saya pakai adalah proposal hidup yang dijelaskan oleh pak Jamil azzaini. Ya semua penemuan besar selalu berawal dari impian. Jika dulu terbang adalah hal tidak mungkin, ternyata jaman ini kita bisa terbang lebih dari 1000 KM kurang dari 1 jam dengan biaya kurang dari 20 donat!!!

2. Merencanakan

Setelah membuat goal dan impian, tahapan berikutnya adalah merencanakan. Semakin detail dan spesifik dari suatu rencana maka akan semakin cepat khayalan kita tercapai. Bahkan walau tidak direncanakan, energi dan emosi kita akan membawa kita pada khayalan kita. Terserah mau cepat sampai, atau mau pelan-pelan 🙂

3. Langkah Kecil

Setelah merencanakan sering dari kita melakukan penundaan – penundaan. Saya sekarang sedang membaca buku penting : “The Procrastinator’s Guide to Getting Things Done”. Ya kita terbiasa menunda apa yang telah kita rencanakan. Bahkan seringkali rencana dan ide brilyan kita akhirnya digunakan oreng lain. Bagaimana cara sederhana untuk bersegera? yaitu lakukan small action. Misal, kita niat mau sholat subuh berjamaah di masjid, begitu mendengar adzan, lupakan segala alasan, segera duduk, lompat, lari ke kamar mandi, pakai baju rapi dan berangkat. Semua godaan akan pergi ketika kita sudah jalan 10 langkah dari pagar rumah.

4. Massive action

Lakukan lompatan besar dalam hidup. Massive action bagaikan kita sedang mempersiapkan pernikahan. Di hari -1 semua akan bergerak, lari kesana – kemari, seakan masa akan segera datang. Sama halnya membuka bisnis, massive action adalah ketika kita buka toko pertama kalinya. Massive actionlah yang mengubah hidup banyak manusia. Bersiaplah untuk terjaga pagi siang sore untuk terus mengejar apa yang anda inginkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s