college conspiracy

coba anda googling “college conspiracy”

saya dapat informasi ini dari seorang sahabat yang punya kepedulian tinggi terhadap pendidikan khususnya financial education, atau ilmu tentang uang. Seperti kita tahu beberapa saat yang lalu kita mengalami penurunan harga yang significant terhadap harga minyak, jatuhnya pasar saham, menurunnya konsumsi, dan ekonomi. Tapi jika kita tilik sebaliknya biaya pendidikan ternyata terus melambung. Bahkan kenaikannya saat ini hampir 20% setahun.

Secara bisnis bisa jadi bisnis pendidikan ini menjadi sangat potensi sekali, tetapi di sisi yang lain menimbulkan efek sosial yang luar biasa. Sekolah kini menjadi barang mewah, hanya bisa dikonsumsi oleh orang-orang khusus. Inilah dilema yang dihadapi khususnya di negara berkembang.

Kini harus muncul cara baru, yang memang harus dimotori oleh orang-orang yang benar-benar peduli tentang pendidikan. Ini bukan pendidikan formal  saja, tetapi lebih jauh tentang pendidikan karakter.

Di US kasusnya berbeda. Setelah 2008 ekonomi rontok karena biata pembangunan rumah yang over supply, kini ada peluang kedepan akan terjadi krisis ekonomi yang diakibatkan oleh student loan. Suatu dana yang memang disediakan oleh pemerintah yang diberikan dengan mudah pada remaja yang mau belajar di college / universitas.

Loan itu tidak lah diberikan secara gratis, nantinya setelah mereka lulus maka mereka berkewajiban untuk mengembalikan dana pendidikan tersebut dan berharap bisa bekerja setelah lulus. Sedangkan apakah pemerintah sendiri bisa menjamin mereka akan bisa langsung bekerja? Yang lebih parah, student loan kini dapat ditarik menjadi cashback yang dapat digunakan juga untuk membeli rumah / mobil!!!

Telah terjadi beberapa tragedi karena setelah mengambil biaya, muncul juga kasus pemutusan kerja karena melemahnya kondisi ekonomi, bahkan beberapa sekolah juga harus ditutup.

Padahal dengan kemajuan teknologi, harusnya bisa membuat biaya belajar maupun sekolah menjadi lebih murah. Tapi memang tidak karena memang ada tuntutas secara bisnis untuk membuat harga pendidikan menjadi mahal.

Bagaimana kita akan menghadapi pendidikan bagi anak-anak kita? Mari kita diskusikan, beberapa teknik yang dapat menjadi alternatif adalah :

1. Financial education, pentingnya memahami bagaimana uang bekerja. Bagaimana keterkaitan terhadap komoditas termasuk emas dan perak

2. Mempelajari ilmu entrepreneur. Memahami bagaimana membangun bisnis

3. Memiliki skill khusus. Gelar di universitas saat ini sudah biasa, jika memang ingin menjadi karyawan, harus memiliki suatu skill khusus yang jarang dimiliki orang lain. Data di amerika, hanya 42% dari lulusan universitas yang dapat diterima bekerja.

4. Miliki komunitas, tempat belajar tidak hanya di sekolah dan universitas. Belajarlah langsung di lapangan. Dilapangan selain mengetahui kunci kesuksesan, dan dapat mencari insight bisnis apa yang kiranya memiliki peluang bagus di masa mendatang.

5. Mempelajari bagaimana berbisnis dengan murah melalui internet. Kedepan industri kreatif memiliki peluang yang sangat besar. Memahami internet dengan baik dapat menggunakan sarana yang murah dalam memulai bisnis, coba bandingkan kalau harus menyewa ruko, atau membangun pabrik di awal bisnis.

6. Agribisnis diperkirakan akan menjadi bisnis yang sangat potensial di masa mendatang. Kedepan petani harus makin pintar dan memiliki akses yang jauh lebih besar. Kini saatnya mahasiswa kembali ke kebun dan sawah.

7. Online education adalah salah satu alternatif yang simple, murah dan sangat powerful. Kedepan pendidikan melalui internet akan lebih populer lagi dan akan banyak memberikan banyak manfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s