Lindungi bisnis anda dari penipuan

Dear Sahabat, hari ini sangat kaget tiba-tiba traffic SMS dan telpon melonjak karena ada info bahwa kami mengadakan promo hingga 70% dan terbatas untuk hari ini saja.

“Dapat info dari mana?” tanya saya….

“Bukannya bapak telpon saya barusan, dan minta untuk segera transfer hari ini untuk mendapatkan promonya?”

Astaghfirullah…

“Beliau juga minta agar segera transfer hari ini ke rekening adik pak annas di rekening BCA xxxxxxxxxxxxx atas nama HAxxx BAxxx agar promonya tidak hangus” “Terima kasih infonya bu, terima kasih telah menghubungi kami untuk crosscheck dan konfirmasi. Kemungkinan besar beliau ada niatan yang kurang baik dan memanfaatkan situasi dengan memberi penawaran diskon besar dan membuat kita terburu-buru” jelas saya. Ternyata ada seseorang yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan saya pribadi dan produk kami untuk menipu agen dan distributor kami di seluruh Indonesia.

Segera saya SMS semua jaringan kami untuk menginfokan agar berhati-hati jika melakukan transaksi yang mengatasnamakan lamandel dan menggunakan nomor HP yang berbeda. Dalam bisnis online hal-hal semacam ini harus kita hadapi, bayangkan kalau ada rekanan kita yang menjadi korban. Hal ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan agar bisnis online tetap menjadi tempat yang nyaman dan aman dalam bertransaksi.

Semoga kisah sederhana ini bisa memberi manfaat pentingnya untuk menjalin komunikasi dengan jaringan bisnis agar tidak dimanfaatkan pihak lain untuk menipu dan berbuat yang tidak baik

berikut beberapa solusi yang perlu dipertimbangkan :

  1. Selalu pasang no telpon kita lengkap di website, pertimbangakan untuk diletakkan selalu di posisi yang mudah ditemukan
  2. Jika memiliki no berbagai operator jauh lebih baik, karena jaringan kita mudah menghubungi via telpon / sms
  3. Minta selalu pada agen / distributor / langganan kita untuk menyimpan no telpon kita, sehingga sewaktu-waktu konfirmasi lebih cepat dan mudah
  4. Manfaatkan fasilitas chat via YM / facebook / BBM agar mitra kita dapat segera menghubungi kita jika ada pihak yang ingin berbuat tidak baik (menipu)
  5. Rasanya perlu miliki ciri khas, misal salam yang khas tiap kali kita telpon / kata-kata yang selalu kita berikan ketika sms. Sehingga jika kita tidak menyapa, konsumen / mitra kita juga akan curiga.
  6. Baiknya menggunakan rekening yang tetap, andaikan ada 2-3 rekening baiknya menggunakan atas nama yang sama saja.
  7. Selalu jalin komunikasi yang baik dengan mitra

Satu pemikiran pada “Lindungi bisnis anda dari penipuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s