Google Panda? Opo maneh iki?

waduh, belajar SEO kemaren saja belum selesai, eh minggu kemaren guru dan master SEO banyak sekali bicara tentang #googlepanda di twitter.

Opo maneh iki?

berikut sedikit rangkuman dari para suhu, master, dan monitoring web dalam 1 minggu terakhir.

Apa itu google panda? sebenarnya adalah revolusi mesin pencari google yang sudah mulai di test sejak february 2011. Kapan mulai dipakai tidak ada yang tahu, di .com atau di domain negara seperti co.id juga tidak ada yang tahu pastinya. Trus yang pasti apa dong?

yang pasti banyak master SEO yang fokus di google.com banyak merasakan perubahan terhadap SERP web dan traffic yang didapat dari google akhir-akhir ini. Dari beberapa release memang algoritma mesin pencari sudah dirasakan di negara eropa. Dan dalam beberapa waktu kedepan #googlepanda ini akan diterapkan di seluruh dunia.

Kenapa kok google panda? karena google ingin memberikan pencarian hasil yang jauh lebih baik, saat ini banyak web sampah dan hanya berisi konten sampah yang membuat pencarian google juga tidak optimal.

Quality content adalah strategi penting dari google yang trafficnya sendiri banyak tergerus juga oleh social media semacam facebook dan twitter. Sehingga google perlu meningkatkan service khususnya bagi pengunjung search engine-nya. Kedepan google juga banyak mempertimbangkan link, kontent yang menarik juga dari social media.

Beberapa tips penting menghadapi google panda dari para pakar antara lain :

  1. Konten Oriented. Buat tulisan, artikel, informasi yang bermanfaat dan berkualitas tinggi. Hindari duplicate content, atau sekedar copy paste
  2. Miliki web yang terpercaya, isi halaman contact us dengan lengkap
  3. Hindari memasang iklan secara berlebihan
  4. Buat web kita bersahabat dengan social media seperti :  FB, twitter,  youtube, flicker, dll. Investasilah waktu disana.
  5. Menghindari spam, karena google sangat membenci spam dan kalau kena block bisa repot kan 🙂

Ok, nanti hari minggu – 17 april,  kita sharing bareng di bekasi. Mau datang? monggo di komen / email

4 pemikiran pada “Google Panda? Opo maneh iki?

  1. lagh bro blog ane gak pernah diUPdate malahan kena pinalti coba… itu mah google panda mabok yang asal babat ajah negh…..backlink sekarang gak jadi momok penting ya?tapi content….tapi blum terasa neh kalao kontent bagus serp juga bagus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s