Rich and debt free

judul asli seminar ini sebenarnya menjadi kaya dan bebas hutang.

Sabtu kemaren pak heppy yang terkenal tukang hutang yang sukses menjadi milyuner memberi seminar di event TDA dan IIBF di tangerang. cukup banyak yang datang, apa pada bingung dan pusing karena hutang ya? hehehe, semoga tidak dan termasuk golongan orang-orang yang bersih dari hutang (yang buruk)

sebenarnya seminar ini henya membicarakan hal yang umum, perjalanan pak heppy yang ngetop karena doyan hutang dan punya skill untuk dapet banyak hutang. kisah dikejar debt kolektor, bisnis yang hancur, dan alhamdulillah mampu bangkit dengan konsep syariah (bagi hasil)

secara saya pribadi menilai, banyak hal yang disampaikan sebenarnya adalah nilai nilai agar kita memilih hidup yang hemat, menghindari hedonisme, menghindari sifat konsumtif. Jangan hidup hanya kerena ingin dilihat dan dianggap sukses oleh orang lain. bergaya pakai mobil mewah, tapi tiap hari bingung gak punya ongkos beli bensin. bergaya punya rumah mewah, tapi tiap akhir bulan di datangi debt collector.

Mungkin harus diakui banyak orang Indonesia yang masih hidup dalam jeratan hutang. walau punya rumah mewah dan mobil mewah!!!

Ya, masalah gengsi saja. Padahal naik angkot juga enak, naik motor juga nyaman kan 🙂

Pesan pertama adalah kontrol keuangan anda. Hindari pengeluaran yang tidak semestinya. Hindari pasak lebih besar dari tiang. That’s all.

Lanjut ke tema berikutnya tentang bisnis. Pesan beliau sebenarnya adalah dalam bisnis sebaiknya memilih berpartner dibanding berhutang. Memilih membagi hasil dibandingkan membayar bunga. Ya, bangunlah perusahaan syariah. Bagi hasil, bagi rugi. Caranya gimana? ya cari investor, jadilah pengusaha yang amanah dan jujur.

Selanjutnya adalah miliki team, board of director, kelompok mastermind, yang bersedia saling dukung dan support. Membiasakan diri menceritakan dan berbagi masalah dalam kelompok bisnis tersebut. Seorang entrepreneur handal juga membutuhkan kontrol agar setiap tindakan dan keputusan bisa di uji dan ukur keberhasilannya. Miliki juga guru dan mentor di bisnis sejenis, sehingga arah dan tindakan jauh dari trial dan error.

Dalam riset 50% perusahaan tutup dalam 2 tahun. Hanya 4% perusahaan yang bisa exist hingga 10 tahun. Apa kunci bisnis dapat terus bertahan dan berkembang?

  • Memahami bisnis dengan baik, marketing skill
  • Keputusan tidak berdasar emosional, sabar
  • Memiliki kompetensi tinggi
  • Mengetahui ilmu hutang

Aha!!! lihat point ke 4

Pada dasarnya Hutang adalah boleh asal tahu caranya dan tahu ilmunya

Memang belum secara detail dijelaskan tentang hutang maupun teknik melunasi hutang, rencananya nanti akan dibuat workshop lebih detail. Jika teman-teman penasaran ilmu semacam snowbowling bisa juga di googling karena teknik ini sangat laku keras di US -> negara hutang 🙂

Pesan berikutnya adalah miliki bisnis yang kuat. Tidak sekedar bisnis yang besar. Ingat selalu miliki dan membagi antara income, saving, dan investment. Alokasikan sesuai dengan karakter yang dimiliki dan selalu disiplin.

Have a great day!!!

Iklan

4 pemikiran pada “Rich and debt free

  1. Masalahnya gak banyak investor mau dengan sistem bagi hasil terutama pada para early entrepreneur, dengan sistem murabahah sekali pun. Coz it’s high risk and most likely low return 🙂

  2. banyak kok yang mau mbak lily.
    1. Investor terbaik adalah yang paling dekat dengan kita. mulai saja darui suami, orang tua, mertua, adik/kakak
    2. buktikan kompetensi kira dalam bisnis yang kita jalankan
    3. amanah.

    apa masih sulit?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s