investasi jangan beli unitlink

widih, judulnya seperti menyudutkan unit link ya. tapi itulah yang disampaikan salah satu trainier salah satu perusahaan asuransi kemaren. Saya tertarik sekali di informasi beliau, karena memang sekarang kebanyakan agen menjual asuransi dengan iming-iming investasi, tapi tidak memahami produk tersebut secara detail.

Nah sekarang mari kita bahas. Apa itu unitlink? pada dasarnya adalah asuransi dan investasi yang dijual secara paket. Asuransi dikelola perusahaan asuransi, dan porsi investasi di serahkan pada manajemen investasi. Nah disini nasabah bebas memilih alokasi investasinya mau ke obligasi, pasar uang, atau ke equity (baca : saham).

Kenapa produk unitlink ini sangat populer dan digembor-gemborkan, mungkin ini sedikit alasannya :

  1. Asuransi kalau term life tidak menarik. Bayar, ketika pertanggungan tidak terjadi maka dana hangus. Di unitlink dibuat model agar sebagian bisa masuk porsi investasi.
  2. Unitlink cocok untuk orang yang tidak mau ribet dan tidak bisa disiplin
  3. Banyak orang bingung tidak tahu menginvestasikan uangnya. Unitlink bisa mulai Rp. 10.000 saja

Nah, bagaimana dengan proteksi, atau perlindungan biaya rumah sakit. Baiknya anda memiliki perlindungan tersebut. apalagi kalau kita bukan karyawan yang biaya RS bisa di reimburse ke perusahaan. Sehingga sebaiknya punya proteksi jenis ini.

Lalu investasinya bagaimana? anda bisa membeli unitlink, dengan menambah biaya administrasi pada perusahaan asuransi. Atau sebaiknya diinvestasikan dalam produk yang lebih murah biaya administrasi-nya seperti di emas, reksadana, obligasi, dll dengan nilai investasi yang relatif besar (minimal sekitar 1-20 jt an)

Kembali ke tema unitlink diatas, baiknya kita memiliki proteksi, tetapi porsi investasinya sebaiknya di arahkan ke produk investasi yang lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s