Tipuan Statistik Visitor

Tulisan ini di post di milis TDA : 1 Maret 2011

Siapa yang senang statistik? Mungkin sebagian besar kita sangat anti dengan statistik, tetapi sebagai pemilik bisnis ternyata kita wajib memanfaatkan alat yang canggih ini 🙂

Sebenarnya secara langsung atau tidak, kita pasti menggunakan statistik ini secara tidak sadar. Dalam memilih bisnis sebenarnya secara langsung kita sudah menggunakan statistik.

Bisnis baik offline maupun online, statistik banyak membantu kita untuk memilih produk yang disukai, mencari pasar yang tepat, bahkan sampai meningkatkan jumlah penjualan. Bahasa kerennya “uji dan ukur”.

Pengujian di toko online jauh lebih mudah dan murah dilakukan, karena hampir semua proses dapat dibuat datanya. Sebagai seorang pemilik toko online pastilah paham benar tentang pengunjung. Bagaimana mengetahui jumlah kunjungan, halaman mana yang paling banyak dikunjungi, dari mana datangnya, pakai browser apa, di negara mana, dan banyak lagi.

Tetapi hati-hati ketika membaca jumlah visitor di web toko online kita, karena ada faktor lain yang disebut bounce rate. Masih ingat curhat sahabat saya yang mau tutup toko online kemaren? Beliau berkisah “jumlah kunjungan saya perhari 500an orang, tapi kenapa tidak berhasil membuat penjualan?” Setelah diselidiki ternyata bounce rate nya 85%. Artinya hampir sebagian pengunjung cuma numpang lewat. Atau mungkin yang lewat adalah  “robot”. Jika dilihat lebih dalam, ternyata rata-rata kunjungan tidak lebih dari 1 menit.

“Saya sudah buat diskon besar, gratis ongkos kirim tapi belum ada yang mau transaksi” keluh beliau. Inilah yang sebenarnya dikenal dengan istilah convertion rate. Bagaimana mengubah pengunjung menjadi pembeli. Mengubah leads menjadi konsumen.

Nah, disini bisa dilihat pentingnya membuat sistem transaksi yang sederhana, satu klik, satu halaman. Mudah dan simple. break time!!! Besok dilanjut lagi ya…

2 pemikiran pada “Tipuan Statistik Visitor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s