Toko Online ku #1 di google, banyak pengunjung, tapi tidak ada transaksi?

Artikel ini pernah di post di milis TDA 28 Feb 2011

Itulah sedikit banyak keluh kesah sahabat saya di akhir pekan kemaren. Seru sekali memang membahas bisnis / toko online. Ya, karena toko online adalah salah satu bisnis yang tidak membutuhkan startup cost tinggi. Sangat murah, bahkan bisa saja gratis 🙂

Bayangkan kalau kita harus buka toko di tanah abang atau ITC. Pak Roni, founder TDA saja memilih menutup tokonya di tanah abang dan memilih fokus masuk di Internet.

Tapi ternyata membuka toko online tidak sekedar buat blog, pasang gambar, dan membuat artikel / informasi. Dibalik hal itu masih banyak lagi yang harus dikuasai untuk menjadikan toko online yang sukses.

Sahabat ini, sebut saja mas udin, sudah cukup serius menekuni dan belajar tentang bisnis online. Sudah beli ebook banyak sekali, ikut seminar macam-macam. Setahun yang lalu saya barengan belajar tentang SEO, dan beliau sangat hebat terbukti beberapa kata kunci andalan bisa masuk di halaman depan google. Tapi entah kenapa kemaren beliau curhat :
“Saya sudah membangun toko online lebih dari 1 tahun, besok saya harus perpanjang domain dan hostingnya, apa perlu ya dilanjutkan?”

Wah ada masalah apa? “saya belum dapat penjualan satu pun di internet” kata beliau.

Nah, dari perbincangan panjang lebar lebih dari 3 jam itu akhirnya saya belajar banyak tentang bagaimana karakter visitor toko online kita wajib diperhatikan. Bagaimanapun juga pengunjung yang datang ibarat seseorang yang datang ke toko / kios kita. Pengunjung meminta sesuatu yang sederhana dan menjauh kerumitan.

YA, menghindari mengisi form yang rumit, harus login lah, harus jadi member lah.
dan akhirnya memilih tidak beli alias kaburr……

Masih banyak hal lain yang saya pelajari kemaren, semoga besok ada waktu lagi untuk sharing di milis tercinta ini.

2 pemikiran pada “Toko Online ku #1 di google, banyak pengunjung, tapi tidak ada transaksi?

  1. Sekedar sharing aja, bhw dalam toko online sangat berlaku hukum “content is the king” jadi memang menjadi no urut teratas dalam mesin pencari tidak akan menjamin 100 persen omzet kita naik, ingatlah pembeli online punya karakteristi membandingkan dgn toko online lain dari sisi harga, pelayanan dan proses deliveri. Rajin rajinlah mengupdate toko online minimal sekali seminggu, kalo perlu buat personal blog utk meyakinkan reseller. Sebenarnya masih byk yg pengin di share karena bicara online shop sangatlah mengasyikkan dan gak ada abisnya
    Salam
    http://ronisetiyawan.wordpress.com

  2. Alhamdulillah saya sejak pertama buka toko online tidak mengalami hal demikian dan semoga kedepan juga lancar terus rezekinya dari toko -online karena costnya rendah sekali.

    saya punya pengalaman supplier yang buka di ITC kuningan di bilang jualan ofline lebih parah sebulan omzet dibawah 5 juta persaingan banyak, biaya operasional tinggi. akhirnya saya sarankan beliau buat website untuk toko online nya. dengan tak lupa juga membuat fanpage di facebook alhamdulillah dia cerita ke saya sebulan setelah buat web dan fanpage di facebook order dari luar daerah semkin banyak sampai kerepotan.

    mengelola toko online memerlukan strategi pemasaran yang jitu, kemampuan mengakses market produk kita juga sangat penting, manajemen stok dan pelayanan yang ramah, cepat dan delivery yang tepat waktu juga kunci penting untuk bertahan di tengah persaingan toko online yang semakin sengit. kepercayaan konsumen, fasilitas tuker barang bila produk rusak atau cacat juga suatu nilai tambah yang sangat berharga.Jangan lupa bersedekah karena dengan bersedekah atau membayar zakat penghasilan Allaoh akan membalasnya dengan jalan yang tidak disangka-sangka.

    tidak menjadi jaminan no 1 di page google akan membuat order mengalir drastis, maintenance yang rutin dan ketekunan adalah kunci sukses membuka toko online selain SEO dll. dan bersiaplah anda menuai panen dengan kebanjiran order tidak hanya pas menjelang lebaran saja, tapi setiap waktu. tidak hanya dari indonesia tapi juga dari luar negeri.

    Salam sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s