resiko

You’ll always miss 100% of the shots you don’t take.  ~Wayne Gretzky

Namanya berbisnis sering ada pasang surut. Semuanya tergantung persiapan kita. Jika kita siap menghadapi masa buruk, kita akan menikmati masa jaya.

Hidup memang beresiko, kalau tidak mau resiko (mohon maaf) sebaiknya tidak hidup. Bahkan tidur atau diam saja kita tetap beresiko lho. asap yang dihirup beracun, tahu-tahu ada bom nyasar misalnya.

Kisah seorang teman yang sedang bisnis di bidang agro bisnis. Sedikit ceritanya nampaknya beliau juga belum memiliki pondasi yang kuat di bidang itu. Beliau sudah lebih dari 6 bulan berkelana di bidang perkebunan dan harus berhadapan dengan mafia agrobisnis Indonesia. Sebut beberapa perusahaan besar yang dibalik program pemberdayaan masyarakat malah memberikan bibit yang tidak layak tanam. Yah kalau yang ini memang petani indonesia harus belajar lebih banyak. Sulit mengandalkan pemerintah sebagai regulator yang fair.

Akhirnya semua tabungan yang diinvestasikan untuk sewa lahan dan beli bibit ludes, dan hampir tiada tersisa kacuali sewa lahan yang 3 bulan lagi juga sudah habis kontraknya. Belajar. biaya belajar dan waktu memang konsekwensinya.

Tapi dibalik, beliau banyak menemukan ilmu baru, misalnya tentang pertanian organik, mengenal jaringan petani, jaringan tengkulak, dan adanya potensi kebutuhan bibit berkualitas oleh petani. Apa yang bisa segera dilakukan sekarang? Secara pribadi, kondisi saat ini adalah cashflow. Salah satu peluang yang bisa diambil adalah masalah pertanian organik. Ya paling tidak bisa mengambil sayur langsung dari petani, dan menjual langsung ke konsumen. Manfaatkan social media, internet, dan komunitas. Low budget.

Masalah kontrak tanah yang segera habis, baiknya bisa dioptimalkan untuk tanaman jangka pendek. Atau paling tidak bisa bernegoisasi untuk perpanjangan.

Ujian? ya namanya juga mau naik kelas

Tetap semangat!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s