siap pensiun dengan emas

Kembali terbukti bahwa emas, adalah suatu komoditas anti inflasi. Bagaimana tidak ketika semua negara berusaha menurunkan mata uangnya agar terlihat murah, emas pun unjuk gigi. Rally hampir 3 bulan terakhir membuktikan bahwa emas membuat orang tetap hidup (baca:kaya).

Nah dari dasar tersebut dan kultwit dari pakar financial syariah @AhmadGozali benar benar membuka mata saya bagaimana caranya pensiun dengan emas, hhmmmm mantap kan.

Sebenarnya kuliah tweetnya membahas 3 hal.
1. Pensium bagi karyawan melalui DPLK
2. Pensiun bagi pengusaha melalui bisnisnya
3. Pensiun untuk semua orang dengan emas

Tapi tulisan ini akan fokus saja pada item yang no. 3, yaitu pensiun dengan emas. Yuk dimulai….

Apakah pensiun itu? pensiun disini diartikan ketika kita tidak produktif lagi kita tetap dapat hidup dengan gaya hidup yang tetap sama dengan ketika kita masih aktif. Artinya kalau biasanya makan nasi ayam. Saat pensiun kita tetap bisa makan nasi ayam, alias tidak turun jadi nasi krupuk atau naik jadi nasi ayam + daging πŸ™‚
Pensiun diartikan bahwa kita tidak memperoleh pendapatan lagi, dan bergantung total pada dana pensiun.
Kalau sudah pensiun jadi malah sibuk, itu jauh lebih baik.

Kenapa emas? karena emas adalah komoditas tahan inflasi. Jaman Rasul harga 1 ekor kambing adalah 1 dinar. Hari ini dengan 1 dinar (1,7 juta) kita dapat memperoleh kamping juga dengan kualitas baik, Insyallah 10-20 tahun lagi pun hukum ini akan tetap berlaku.

Langkah pertama untuk pensiun dengan emas, adalah menghitung biaya hidup kita bulanan. Misal kita untuk kebutuhan dasar hidup bulanan membutuhkan 4 juta / bulan, kita konversikan ke emas yang setara dengan 10 gram emas (14 Oktober 2010). Sehingga target pensiun kita adalah setiap bulan kita memiliki 10 gram emas yang dapat kita belanjakan untuk menutup kebutuhan bulanan kita.

Langkah berikutnya adalah menghitung lamanya dana yang disiapkan untuk pensiun. Sebagai contoh saya ingin pensiun di umur 55 tahun, asumsi harapan hidup adalah 70 tahun, maka kita harus menyiapkan dana untuk pensiun selama 15 tahun.

Total emas yang dibutuhkan per bulan adalah 10 gram, maka dalam 1 tahun kita harus memiliki emas 120 gram. Maka untuk hidup 15 tahun kita membutuhkan emas 1800 gram.

Sampai disini cukup jelas kan…. πŸ™‚

Selanjutnya kita perlu membuat strategi untuk memperoleh dana pensiun melalui emas itu. Target emas terkumpul adalah 1800 gram ketika kita berumur 55 tahun. Sekarang kita hitung dan bagi rata dalam masa kerja kita. Misal kini saya berumur 30 tahun, maka punya kesempatas 25 tahun untuk mengumpulkan 1800 gram emas tersebut.

 

pensiun dengan emas
pensiun dengan emas

 

Langsung beli 1800 gram emas hari ini? hehehe, may be it’s good way, but not easy :p
salah satu teknik yang ditawarkan adalah dengan cara menyicil.
misal kita mau cicil selama masa kerja kita yang 25 tahun maka, jika dihitung sederhana, maka tiap bulan kita harus menyisihkan dana untuk membeli 6 gram emas. Berapa nilainya? per 14 Oktober 6 gram emas bernilai sekitar Rp. 2.400.000. dan diperkirakan harga emas ini akan terus merangkak naik, sehingga teknik pensiun dengan emas ini dapat diperbaiki dengan teknik cicil emas.

Saat ini cicil emas sudah dimulai oleh tim pak Ahmad Gozali, insyaallah saya akan bergabung di daerah Pondok Bambu Jakarta Timur. Ada yang tertarik gabung? silahkan tulis di comment ya……

Iklan

41 pemikiran pada “siap pensiun dengan emas

  1. Wah menarik jg artikel nya bang anas..
    Btw kalau kita beli sendiri trus ada ga ya jasa penyimpanannya ?
    Trus ky bang anas sampaikan di surabaya dimana ?

    1. terima kasih kunjungannya mas uud,
      kalau jasa penyimpanan pakai saja bantal dirumah atau safe deposit box. Di Bank Mandiri cuma Rp. 100rb setahun.

      untuk surabaya program cicil emas belum ada, tapi kalau beli bantangan sudah banyak yang jual kok….

  2. P.Annas, sepengetahuan saya emas sebagai simpanan harus dikeluarkan zakatnya setiap tahun. Senang sekali kalau ada hitungan yang sudah memasukkan faktor zakat ini. Thanks

    1. betul sekali bu.
      Untuk emas yang disimpan ada zakatnya.

      kalau salah mohon di koreksi :
      zakat mal nilainya adalah 20 dinar
      atau setara 85 gram emas 22 karat

      untuk hitungannya perlu disesuaikan lagi ya….
      dikurangi 2,5% untuk zakatnya.

  3. Saya skrg sedang menggunakan skema ini untuk biaya sekolah anak saya pak, dibandingkan apabila mencicil melalui asuransi yang saya pikir nilainya cukup besar & sifatnya yang tidak fleksibel.

    Boleh tahu pak, programmnya dari bank mana ??

    Kalau yang saya tahu selama ini goldgram dan bank syariah BRI. Apakah mungkin program bapak lebih menarik ??

    Thanks.

  4. Nice artikel… btw ini sama dengan konsep kebun emas g yah? blh sharing by email ga? klo mo ikutan gabung gmn caranya? hrs sesuai wilayah tdk? tuk wilayah jabotabek gmn?

    Thanks

    1. ibu tinggal di daerah mana?
      saat ini cicil emas kerjasama dengan bank syariah mandiri.

      kalau kebun emas kan kita beli emas lalu digadaikan,
      sebenarnya hampir sama sih cuma sedikit beda…..

      1. saya di tangerang pak, sementara hanya tuk wil jkt aja yah? ada kemungkinan tdk tuk wil tangerang jg… klo yg mandiri sama spt tuk yg program mulia di pegadain ga sih? hrs py rek BSM dl yah? blh dunk sharing ilmunya jg….

  5. Halo lam kenal…wah programnya menarik sekali…bagaimana caranya…apakah hanya di jakarta saja…saya di yogya…apakah sepertitehnik berkebun amas..?

  6. Ass Wr Wb,

    Pak Annas, saya tertarik dengan program ini. Dulu ada rencana untuk beli emas di ANTAM, tetapi tidak pernah sempat. kemudian dengar2 ada juga bisa mencicil di Pegadaian. Untuk itu mohon penjelasan lebih lanjut tentang program ini. Bagaimana caranya, dicicil lewat bank atau bagaimana? Terima kasih atas informasi yg diberikan.

    Wassalam,

    Onny

    1. bisa juga dibeli di ANTAM pulogadung, atau di cikini juga ada : cek goldgram.co.id katanya di pegadaian ada -> tapi saya pernah cari tidak ada juga πŸ™‚

      kalau cicil emas kerjasama dengan bank mandiri syariah

    1. syaratnya punya emas yang siap digadaikan saja.
      tidak ada minimal kok.
      info lengkap bisa di dapat di gadai bank syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s