Apakah anda butuh asuransi jiwa (baca:unitlink) ?

Berbicara masalah asuransi jiwa ini pasti seru dan menarik, belum lagi saya beberapa bulan ini banyak sekali bertemu dengan agen asuransi yang sedang tinggi motivasinya untuk menawarkan produknya. Mulai telpon, minta ketemu, dibuatkan ilustrasi, minta waktu 5 menit, tawaran pendidikan anak, tawaran membantu untuk mewujudkan keinginan. dan banyak lagi 🙂

tapi saya tetap pegang 3 hal yang harus dikuasai dalam hidup ini dan kita bertanggung jawab atas hal tersebut yaitu : 1. Pendidikan 2. Financial 3. Kesehatan

Nah cerita hari ini pasti menyangkut hal no 2. yaitu financial.

Apa sih sebenarnya asuransi jiwa? pada dasarnya adalah uang yang akan diberikan kepada ahli waris kita ketika kita meninggal. dan ingat nilai pertanggungannya adalah sesuai kontrak. Misal kita dulu kontrak 50 juta, hingga tiba waktunya nanti nilainya akan tetap 50 juta. Artinya inflasi tidak berlaku. Sehingga jika akan mengambil asuransi idealnya hitung dulu baik-baik terhadap tingkat inflasinya lalu kalikan dengan 20.

Seberapa besarnya kita membutuhkan asuransi? idealnya keluarga yang kita tinggalkan harus mampu bertahan sebelum bangkit kembali, sehingga 20 bulan kebutuhan bisa dipenuhi. Tapi ingat ya, kebutuhan 20 bulan tahun 2010 dan 20 bulan di tahun 2050 akan sangat jauh berbeda.

Nah itulah akhirnya dibuat suatu sistem yang disebut unit link, alias sebagian dananya akan dikelola dan dibelikan reksadana, surat berharga, obligasi, dll. Dan memang untuk pasar modal di Indonesia saat ini masih growth, apalagi di dukung oleh program-program asuransi unitlink semacam ini. Dan bagaimanapun juga membeli unitlink pasti lebih mahal dibandingkan dengan membeli reksadana sendiri. Dan ingat perusahaan reksadana maupun asuransi tidak memberikan jaminan uang kembali jika rugi. Semua ditanggung investor.

Dari diskusi dari beberapa orang maupun hasil membaca buku ternyata kesimpulan saya adalah asuransi jiwa itu TIDAK PERLU. Lho kita kan sayang anak-istri… ya tetapi dengan memberikan warisan uang ternyata tidak bijak. Ilmu pengetahuan, dan pengalaman bagaimana menghasilkan uang itu jauh lebih berharga.

Sebagai ilustrasi begini : bagaimana kelanjutan kehidupan seorang pemenang SDSB atau lotere yang berhasil mendapatkan 1 milyar rupiah? Ia akan menjadi sangat kaya, bisa beli rumah, beli mobil, hidup senang, liburan, makan mewah, dll. Ia akan nampak sukses. Tapi apa yang terjadi 1-2 tahun berikutnya? kemungkinan besar akan kembali seperti kehidupan awalnya. Dan dari riset 90% hal ini terjadi di dunia.

Nah sekarang bandingkan dengan billl gates yang jatuh rugi, atau steve jobs yang bangkrut. Ia sudah memiliki ilmu dan pengalaman sukses, tentunya dia memiliki kemampuan untuk sukses kembali. Nah, itulah asuransi terhebat di muka bumi bagi ahli waris kita : Ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Memang ada hal yang cukup sulit diperdebatkan terkait asuransi yaitu resiko akan penyakit ataupun cacat. Sehingga sang tertanggung tidak bisa menghidupi kembali keluarganya dan harus keluar dana besar bagi pengobatan. Nah kalau menengok masalah ini maka ingat point no.3 diatas. Bagaimana tanggung jawab kita akan kesahatan? ingat kalau makan, ingat terus berolahraga ya…..

3 pemikiran pada “Apakah anda butuh asuransi jiwa (baca:unitlink) ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s