Berapa besar pengaruh harga terhadap penjualan?

katanya “price not equal with sales”

Sehingga banyak sekali pengusaha yang secara berani menurunkan harga seminimal mungkin untuk dapat memenangkan pertarungan di pasar. Dan apakah harga diturunkan seminimal mungkin akan secara otomatis meningkatkan penjualan produk kita?

Pada dasarnya semua produk dan jasa adalah price sensitif, artinya orang dimana pun akan cenderung mencari / membeli barang yang murah. Begitu juga saya, yang suka diskon ๐Ÿ™‚ tapi orang tidak suka membeli barang yang murahan. Sehingga beberapa pengalaman buruk membeli barang murah juga menyebalkan. Hingga saat ini yang dicari adalah murah tapi tidak murahan. Dari pengalaman pribadi juga, untuk pembelian produk yang belum familiar atau tidak mengetahui ilmunya secara pasti, barang bermerk dengan jaminan kualitas tentu lebih aman.

Ketika di posisi sebagai penjual, kita harus mampu melakukan riset yang cukup sehingga dapat memetakan dimana sebenarnya posisi yang paling tepat untuk produk yang ditawarkan. Dan hal itu jugalah yang secara langsung terkait dengan target pasar yang kita tuju. Kalau istilah kerennya mau jual di kelas A, A+, A++ atau B. Nah disitulah sebenarnya kesempatan kita menyesuaikan dengan produk dan marketnya.

Memberikan diskon besar, sering promo, jual rugi pada dasarnya tidak mendidik kita maupun konsumen. Kadang memang pengusaha pemula cukup nekat untuk “untung tipis”, dan beberapa kali juga tragis akhirnya harus jual rugi. Mari belajar menggunakan teknik diskon dan promosi yang tepat. Gunakan momen waktu yang tepat, misalnya hari raya, tahun baru, ulang tahun untuk membuat event yang benar-benar sensasional. Rasanya itu lebih efektif dibandingkan diskon 5-10% setiap hari ๐Ÿ˜€

semoga menginspirasi, selamat berkarya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s