Bagaimana kabar hari ini?

Sudah lebih dari 2 tahun saya gabung di komunitas bisnis. Dan memang saya sendiri seneng kumpul2 sehingga kadang dalam waktu bersamaan ada beberapa acara yang harus didatangi.

Setelah berjalan 2 tahunan ini banyak sekali fenomena bisnis yang dirasakan. Ada teman yang bisnisnya melesat kencang, dan ada beberapa yang bisnisnya disitu-2 saja bahkan tutup. Walau diawal selalu cerita dan semangatnya manggebu2 dengan teknik dan jurus aneka warna tapi entah kenapa bisnisnya cenderung menyurut.

Ada pula rekan yang diawal biasa2 saja, bahkan sempat kita godogkan suatu bisnis online, bahkan konsepnyapun dibuat bareng2 dan beliau sendiri merasa tidak mampu malah akhirnya berbuah cukup manis. Saat ini berbekal blog gratisan sudah dapat order dari sabang – merauke.

Ada 2 pelajaran penting yang secara pribadi saya petik. Yang pertama adalah berhati-hatilah dengan mimpi anda. Secara alami otak sulit membedakan suatu kejadian sudah terjadi atau belum. Buktinya : sekarang bayangkan minum jus jeruk nipis dingin yang rasanya sangat asem. Kueecut banget rasanya… Secara otomatis otak akan mengeluarkan enzim2 disekitar mulut. Sehingga goal, mimpi, cita2 boleh diceritakan. Tapi pastikan bertujuan positif dan memberi semangat dengan bukti tindakan yang telah dilakukan. Atau hanya sekedar dianggap hebat karena punya cita-cita tinggi.

Hal kedua adalah pastikan kita melakukan langkah2 kecil dan besar yang bertujuan mencapai goal kita setiap hari. Penting untuk menulis goal dan cita-cita, buat sub goalnya dan catat dengan detail langkah yang membuat kita makin dekat dengan tujuan. Suatu cita-cita besar akan terus ada walau jiwa dan raga kita telah berpisah, kata mario teguh. Sehingga penting untuk menulisnya karena semangat, langkahnya akan tercatat dan akan menjadi warisan besar bagi keturunan kita.

Ok, terakhir mari renungkan sebelum kita tidur. Apa yang sudah kita kerjakan hari ini untuk mengejar cita-cita mulia kita?

Satu pemikiran pada “Bagaimana kabar hari ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s