Langkah mudah berbisnis (lagi)

Saya yakin banyak dari kita yang sudah memulai bisnis. Misal menawarkan produk, jualan di pameran, jualan di online, di FB, dan sebagainya. Tapi kita masih belum mendapatkan apa yang kita harapkan, atau kita tidak berani bermimpi lagi….

Kemaren saya sendiri sempat diskusi dengan banyak teman yang sharing tentang bisnisnya. Ada yang bisnisnya sedang berkembang, ada juga yang terpaksa menutup kiosnya karena overhead besar dan modal sudah habis, untuk beliau tetap semangat malah sedang mencari modal baru untuk membuka bisnis baru.

Setiap kita ikut seminar bisnis, motivasi, kewirausahaan selalu ditekankan bisnis itu gampang, bisnis itu mudah, tetapi sering kali tidak diberi tahu caranya. Dan ternyata teknik membuka bisnis itu pada dasarnya ada 3, yaitu :

1. Bisnis dari yang kita sukai
misal hobi kita naik sepeda, jualan saja hal hal yang berkaitan dengan sepeda. Kaos bersepeda, tempat minum, kaos tangan, helm. Dengan bisnis terkait hobi maka yang muncul adalah passion dan kita pasti mengetahui benar siapa pasarnya, apa yang dibutuhkan, siapa yang sudah jualan. Mulai saja belanja sedikit dari retail, dan pasti naik ke grosir dan ujungnya bisa produksi sendiri. Sama halnya jika hobi kita makan, bisa buka warung, resto, jualan snack, dll

2. Bisnis dari yang kita kuasai
Professional adalah salah satu yang banyak diajarkan di sekolah, so manfaatkan apa yang sudah kita pelajari puluhan tahun di sekolah maupun saat bekerja. Misal kita menguasai desain, mulai saja membuka jasa percetakan dan desain. Misal desain brosur teman2 atau desain kartu nama. Misal kita menguasai pajak bisa buka konsultan pajak, kita menguasai cara mengurus ijin POM / PIRT / Halal, buka saja sarana konsultasinya.

3. Bisnis dari yang paling mudah
Nah jika masih belum ketemu bisnis yang memungkinkan dari hobi kita, terus kita merasa yang bergerak di bidang yang kita kuasai sudah cukup banyak, alternatinya ya bisnis dari yang paling mudah. Artinya cari peluang bisnis yang tidak perlu keahlian dan biaya yang terjangkau. Misal pinjam barang teman untuk dijual kembali, ada teman jualan jilbab kita pinjam dan tawarin ke keluarga dekat dan tetangga. Jika punya modal besar bisa beli franchise, jika modal terbatas bisa beli bussiness opportunity, jika modal kecil ya cari kemitraan

Nah sekarang hambatan itu hanya ada di dalam diri kita. So pilihannya hanya saru segera take action.

Sukses untuk kita semua…..!!!!

Iklan

3 pemikiran pada “Langkah mudah berbisnis (lagi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s