tips liburan murah ke singapore (1)

pengen nulis sedikit sebagai sharing pengalaman value vacation ๐Ÿ™‚

salah satu mimpi saya tahun 2010 ini adalah mengajak keluarga untuk liburan ke singapore. Sekalian untuk nostalgia tahun 2001 ketika saya belajar di NUS. Saya sendiri mei lalu sempet transit di changi dan sejenak muncul keinginan mengajak keluarga mencari “pandangan baru” disini.

Ok, untuk pergi keluar negeri tentunya yang utama harus punya PASPOR. biar duitnya tak kehitung 0-nya tapi kalau tidak punya paspor tentu tidak bisa keluar negeri. Mengurus paspor pada dasarnya mudah, asalkan jangan memudahkan. Aturannya sudah jelas, ikuti saja alurnya. Gak usah macem – macem malah bikin runyem ๐Ÿ™‚

pasport

Ok, untuk syarat utamanya adalah punya KK, KTP, ijasah (SD-SMP-SMA-Kuliah), surat pengantar. Untuk surat ini minta saja sama perusahaan dimana kita kerja atau kerja sama dengan mereka. Sekedar referensi saja kok.

Saat mengurus paspor di Imigrasi jakarta timur kita tinggal datang, beli formulir sekitar 10rb di bagian fotokopi, lalu isi berkas dan masukkan semua dokumen ke bagian pendaftaran. Pastikan semua dokumen lengkap. Setelah itu silahkan pulang dengan bukti tanda terima dokumen dan perhatikan jadwal untuk foto dan wawancara. Biasanya berkisar antara 3 – 7 harian kedepan.

Sesuai jadwal datang usahakan datang pagi, jangan lupa mandi dan gosok gigi, dan yang paling penting bawa dokumen asli yang dibutuhkan. Lalu segera ke loket untuk bayar. Biaya pembuatan paspor adalah Rp. 270.000 saja, silahkan antri dan tunggu jadwal untuk foto, kemudian tunggu lagi untuk wawancara. Jika kita datang jam 8.00, urusan selesai sekitar jam 11.00 an. Setelah itu kita akan dapat dokumen untuk pengambilan.

Jadwal pengambilan bisa antara 3 – 7 harian, dan dijadwalkan siang hari. So datang saja sekitar jam 13.00, masukkan dokumen di tempat pengambilan paspor dan tunggu. Cek ketika menerima paspor khususnya bagian nama dan tanggal lahir, lalu fotokopi di sebelah (senilai Rp. 500) dan kembalikan. Simpan dan jaga paspor jangan sampai rusak.

Nah kita sekarang siap liburan….!!!!

artikel berikutnya :ย https://annasahmad.wordpress.com/2010/08/05/tips-liburan-murah-ke-singapore-2/

5 pemikiran pada “tips liburan murah ke singapore (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s