9 Kesalahan entrepreneur pemula

Menarik membahas tentang entrepreneurship ini. Berikut sedikit sharing dari beberapa sumber. Semoga menginspirasi dan mengilhami bisnis kita.

Berikut 9 poin yang perlu diwaspadai oleh entrepreneur

1. Menjadi SuperMan
Memang sangat menyenangkan melakukan segala sesuatunya sendiri. Bikin barang sendiri, promosi sendiri, jualan sendiri, dapat untung sendiri. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekuatan masing-masing. Siap menjadi suatu perusahaan besar maka kita harus bisa juga membangun tim yang memiliki kemampuan baik sesuai bidangnya. Membuat web optimal, administrasi, dll perlu ditangani dengan serius. Tentukan langkahnya dan buat petanya secara bertahap.

2. Tidak Jujur
Kejujuran adalah kunci penting dalam bisnis. Tidak hanya kepada pembeli / client kita, jujur pada karyawan, supplier dan mitra juga sangat penting. Banyak kasus bisnis bubar karena tidak adanya kemampuan mengolah kepercayaan (trust)

3. Malas Silaturahmi
Social media semacam facebook atau twitter sudah sangat populer, tetapi silaturahmi secara fisik tetaplah penting. Berkunjung, sekedar berjabat tangan memberi energi yang luar biasa dasyat. Kelanjutan dari silaturahmi itu maka di internet (social media) akan menjadi jauh lebih menyenangkan

4. Tidak Menggunakan Strategi Pemasaran
Menetapkan tujuan, cita-cita, goal di awal sangatlah penting. Termasuk membuat langkah-langkah sederhana dalam pemasaran. Apa yang ada di benak calon konsumen anda? apakah penawaran anda cukup jelas? mari susun, test, dan lakukan.

5. Membanting Harga
Sering kita berpikir dengan memberikan harga termurah, maka secara otomatis penjualan akan meningkat. Survey membuktikan banyak orang bersedia membeli suatu produk atau jasa dengan memperoleh layanan after service yang baik. Bisnis kita juga tetap membutuhkan cashflow yang baik untuk bertahan dan berkembang. Berikan harga yang wajar dengan pelayanan yang extra.

6. Bingung dan goyang
Entrepreneur sukses seringkali memiliki motif bukan sekedar mencari uang. Ada suatu hal yang dicari dan tetap mengobarkan semangat untuk maju. Bergabung dengan mastermind, datang di forum komunitas akan memberi suatu cara pandang yang baru dan tetap mampu fokus di tujuan awal.

7. Workaholic
Bekerja sangat keras bukanlah buruk, tetapi memberikan waktu sejenak untuk rilex dan beristirahat adalah baik. Konsep pause time sangatlah baik dimana kita dapat berhenti sejenak menikmati hidup, mengevaluasi pekerjaan, dan mencari inspirasi baru.

8. Merasa Zona Yang Melenakan
Disaat bisnis kita melesat bagai roket. Berasumsi semua akan berjalan dengan baik, produk laku keras, tidak ada kompetitor sangatlah nyaman bagi seorang entrepreneur. Entrepreneur sejati adalah yang memiliki kemampuan berdiri setelah jatuh. Siapkan parasut anda, sehingga dapat siap mendarat dan kemudian segera terbang kembali.

9. Rakus / Tamak
Memiliki bisnis / usaha selalu dengan tujuan segera kaya. Jika kita beranggapan bisnis dapat dibangun hanya dalam semalam maka kita akan mengalami keputusasaan dan mudah menyerah. Bisnis besar rata-rata membutuhkan waktu 10 tahun. Suatu bisnis pasti membutuhkan waktu, ketekunan, dan keberuntungan. Beri bisnis kita waktu untuk berkembang dan terus lakukan perbaikan

Semoga bisa mengispirasi kita semua di siang yang cerah ini 🙂

Iklan

11 pemikiran pada “9 Kesalahan entrepreneur pemula

  1. Bagus tulisannya Mas.Membuat kita selalu mawas diri dan berusaha belajar dari kesalahan supaya gak membuat hal yang sama.Untuk saya yang pemula berguna banget
    Thanks ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s