Wisata bisnis ala TDA bekasi (bagian 2)

Setelah cerita tentang wisata kuliner di wisata bisnis, kini saatnya sharing riil bisnisnya. Inilah kisah dan inspirasi dari pak wiwied, owner C59 Bandung.

Pak Wiwied kini juga sibuk menjalankan profesi sebagai seorang pengajar, dosen, guru, dan mentor di bidang entrepreneurship. Beliau saat ini juga sedang mengembangkan C59 College. Beliau sendiri sangat menyadari bahwa kemampuan dan kreativitas beliau sangat tinggi, cepat mengambil peluang, dan inovatif.

Beliau sharing tentang jatuh bangunnya bisnis yang dibangun. Sampai pernah bangrut, dan berhasil bangun lagi. Bagaimana baliau mendidik anak-anak menjadi entrepreneur, dan akhirnya sukses beli Mercedez Benz senilai 1 M hanya dalam waktu 1 tahun. Kuncinya adalah Mimpi, Goal, Keyakinan, dan semua itu ditanamkan dengan mengajak berkompetisi sejak dini. Bagaimana memutus urat malu dalam menghadapi kemenangan dan kegagalan. Jadikan anak sebagai partner dan sumber inspirasi. Bahkan kini, cucunya pun sudah memiliki brand Baby Rich !!!

Melibatkan keluarga dalam bisnis juga sangatlah penting. Yakinkan keuarga kita mampu. Kisah pacaran nyablon dan jualan karcis untuk nonton midnight menunjukkan bahwa kesungguhan, keteguhan akan membawa keberhasilan. Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Allah, Keluarga, Sahabat adalah yang akan membantu di kala jatuh. Teman-teman akan pergi menjauh…

Bisnis haruslah naik kelas. Mendengar kisah naik kelas ini sebenarnya sering kita dengar dari ilmu marketing pareto. 80% profit datang dari 20% customer. Keterbatasan energi dan waktu mengakibatkan kemampuan melayani kita akan berkurang. Sehingga fokuslah pada costumer anda. Bagaimana naik kelas? Berkumpulah dengan orang yang sukses, orang yang kaya. Belajarlah disana. Disaatnya kita ada diatas, ingatlah juga yang dibawah.

Beliau sendiri sangat memahami kekuatan dari personal branding dan komunitas. Jagalah selalu komitment, tingkatkan kompetensi. Boleh orang lain yang menjual kainnya, jahitannya, sablonnya, tokonya. Tapi C59 adalah wiwied. Karakter yang kuat dan personal brand adalah bisnis jangka panjang.

Diakhir sesi beliau membagikan tips sukses nya yaitu : SIRIK
– Suka, cintai bisnis anda
– Imajinasi, mimpilah
– Relasi, teruslah bersilaturahmi
– Inovatif, kreatif dalam memproduksi dan menghadapi masalah
– Komunikasi, kalahkan dengan bahasa

3 pemikiran pada “Wisata bisnis ala TDA bekasi (bagian 2)

  1. Saya coba contek hasil bincang-bincang waktu MM di re-hot mengenai branding yang Bapak bicarakan….. Dalam rangka memasuki tahun 2010 saya coba buat brand baru Orange Canary ditujukan buat penghobi kenari pemula dengan tag line The colour full and beautiful song …. berhubung background saya teknik jadi saya tidak pandai berteori …. harus praktek langsung…. mohon bimbingannya pada saat praktek nanti Pak hehe……
    salam
    sofyan
    http://burungkenari.wordpress.com
    The colour full and beatiful song

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s