Berlakukah badai property di Indonesia

Beberapa hari yang lalu berita buruk ekonomi kembali berhembus. Jutaan US$ yang ditanam di dubai dalam bentuk property akhirnya macet. Ribuan atau jutaan investor yang menanamkan modal / uang tidak mampu melanjutkan pembayaran ataupun institusi yang mengiming-imingi bunga bagi investornya akhirnya gagal bayar.

Ratusan skema investasi akhirnya terhenti karena buble ekonomi itu sendiri dikembangkan dengan metode high risk. Akankah hal tersebut terjadi di Indonesia? Jawabannya Ya. Sudah cukup banyak hal tersebut terjadi, walau memang skalanya belum terlalu besar. Di Indonesia pengawasan kredit masih cukup ketat, sehingga belum meluas (mungkin).

Jika anda tinggal di jakarta, bisa datangi WTC Mangga Dua, atau Tamini Square, atau beberapa pusat pembelanjaan lainnya. Lihat apakah okupasinya 100%? Saat ini tingkat okupasi 80% sendiri sudah cukup baik. Tapi coba jika kita jadi investor / pembeli kios yang termasuk 20% ?

Sehingga memang strategi disini sangat penting. Oke, kita punya lokasi kios yang sepi trafik. bisa saja :

1. disewakan sebagai gudang kios lain
2. dijadikan gudang, buka lapak di tempat lain
3. Jadikan grosir

Punya kios di trafik ramai, ya peluang untungnya mungkin lebih besar. Yang kemudian adalah bagaimana mengubah trafik menjadi rupiah.

Saat ini pembangunan mall dan tempat perbelanjaan baru masih terus berkembang. Walau saat ini memang investasi di bidang ini masih dikuasai raksasa besar, tetapi tidak menutup kemungkinan investor kecil mulai dapat masuk. Sehingga perhatikan setiap penawaran investasi, pastikan dengan kondisi di lapangan, ukur kemampuan dan ketahanan resiko kira masing-masing.

Satu pemikiran pada “Berlakukah badai property di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s