iklan lagi di FB (re. pilih CPC atau CPM)

Berapa dana yang kita keluarkan untuk beriklan dapat mendatangkan penjualan? Berapa ROI nya?

Sudah hampir 3 minggu ini tetap hidup walau tidak nonton TV sama sekali. Baca koran? hmmm apa lagi, gak baca koran atau majalah juga tidak masalah. Tapi tidak baca m.detik.com, twitter.com, facebook.com, cek email yahoo, email google, pasti dunia terasa hampa.

So setelah habis kontrak dengan radio di bekasi dan koran nasional, akhirnya obatamandel.com kembali ke “dunia maya”. Targetnya saat ini adalah FB. Sebelumnya media ini sudah dicoba dengan budget sangat minim, hanya 150.000 🙂 dan hasilnya dianggap kurang sukses sehingga kembali ke media koran. Saat itu sukses tidak sukses susah sekali diukur karena belum ketemu metode yang paling pas. So setelah belajar dan tahu ilmunya, nampaknya praktek jilid 2 iklan di FB harusnya lebih handal.

Artikel ini akan lebih fokus mendiskusikan pemasangan iklan di FB.

Facebook memberi kesempatan bagi semua membernya untuk beriklan. Sekedar mau nampang, cari popularitas (misal calon bupati), atau jualan bebas-bebas saja. Ada 2 metode yang ditawarkan :

1. CPC : bayar per klik. Advertiser harus bayar nilai klik yang diberikan. Nilainya bisa dari $0.01. dan bisa juga di set anggaran hariannya.

2. CPM : bayar per 1000 tampilan. Advertiser harus bayar setiap 1000 x iklannya ditampilkan. Nilainya hampir sama, bisa mulai $0.01

Ada 2 model iklan, karena FB meyakini setiap pemasang iklan memiliki target dan tujuan yang berbeda. Untuk CPM sangat cocok untuk reminding, peluang click sangat tinggi (produk unik, sensasional,membuat penasaran).

Trus kalau kita iklan pilih yang mana? pilih yang mana saja yang kita suka, lalu evaluasi

bagaimana mengevaluasinya?

FB CPC atau CPM

Rumusannya adalah :

A = impression x CPC x CTR
B = (1/1000) x CPM

samakan nilai CPC dan CPM dulu, dengan estimasi budget iklan kita tetap

jika nilai A < B, maka CPC lebih cocok dan ekonomis bagi program iklan kita. Jika ternyata A > B, maka pilihan CPM akan lebih cocok

Kuncinya sesuaikan antara kebutuhan kita, FB sudah memberikan jalan keluarnya 🙂 Tugas berikutnya setelah trafik datang bagaimana mengubahnya menjadi transaksi.

gabung disini yukk… http://lanjut.in/FansFB

Iklan

3 pemikiran pada “iklan lagi di FB (re. pilih CPC atau CPM)

    1. wa-alaikum salam,
      CTR : perbandingan antara halaman ditampilkan dengan jumlah click.

      misal iklan kita 10 kali ditampilkan dan ada 1 yang klik maka CTR nya adalah 1/10 = 10%

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s