jak cloth : bisnis anak muda dan gaul

jak clothSeminggu yang lalu sempet mampir di 3 event pameran besar di kawasan senayan. JCC ada pameran industri kreatif, Istora festifal buku, dan parkir tenggara ada pameran distro jak cloth.

Secara pribadi pameran ini sangat aneh. Masuknya bayar 10.000, dapet 1 buat fruty pocket. Didalemnya isi nya semua jualan kaos distro mulai dari harga 50-rb sampe ratusan ribu.

Saya sangat awam dengan bisnis distro ini, dan dateng ke pameran ini, diskusi ama temen SD (yang kebetulan buka stand) dan temen SMP (yang pengen bisnis distro) membuka tabir bisnis anak muda ini.

Harga stand relatif tidak murah, sekitar 3 jutaan untuk 3 hari, dan pengunjung harus bayar. Mungkin ini yang bikin acaranya tidak terlalu ramai. Dan orang cenderung ke pameran yang gratis, lihat buku atau ke JCC. Hanya yang benar-benar tertarik dengan distro, skater, mau bayar buat masuk.

Bisnis di distro ini memang sangat niche. spesial. berkarakter.

Ini bukan bisnis umum seperti buka sembako. Konsumen distro ini sangat spesifik dan loyal. Brand, kualitas, image, style, artis, tokoh, karakter melekat sangat kuat di bisnis ini.

Beruntung temen saya ini langsung produksi dan saat ini memiliki brand rebel star kerjasama bareng beberapa musisi sheila on 7, dan punya image beberapa artis. Sehingga pasar hari dulu hingga hampir hilir dikuasai. Walau saat ini masih “nebeng” di distro yang jual beberapa brand.

Banyak inspirasi yang didapat dari diskusi 2 jam diteriknya matahari ini, sampai-sampai akhirnya harus rela re-schedule buat ketemu temen di radio untuk iklan.

thanks for share my friend……

2 pemikiran pada “jak cloth : bisnis anak muda dan gaul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s