Pentingnya database konsumen

databasePengalaman memang sangat penting untuk menjadi langkah untuk maju. Membaca literatur james gwee tentang use 10% ternyata sangat bermanfaat. Salah satu 10% yang digunakan adalah mencari siapa most 10% dari konsumen yang menggunakan produk kita. Syarat utama menggunakan sistem ini adalah kita harus terlebih dahulu memiliki database konsumen. Selama ini di bisnis, saya pribadi masih banyak fokus pada agen dan distributor. Hingga akhirnya sadar saya juga ada di posisi retail dan jualan online, memiliki data konsumen langsung sangatlah penting dan bermanfaat. Sudah sebulan lebih data ini terus diisi dan dilengkapi.

Kemarin saya dihubungi konsumen yang baru beli kedua kalinya. Karena database lumayan, saya bisa langsung sapa nama-nya. Tidak peduli dulu cuma beli satu kotak, tetap harus dilayani dengan baik. Selamat pagi pak fulan, bagaimana kabarnya? Dari suaranya, terdengar sangat gurih dan seperti keluarga sendiri. Beliau pun melakukan order. Dan tidak mempermasalahkan ongkos kirim yang sangat mahal karena lokasi nya di luar jawa. Beliau langsung OK dan akan segera transfer. Saat tanya alamatnya apa masih ada? Dengan mudah bisa diawab dengan detail, lengkap, dan benar.

“Wah databasenya lengkap juga ya” ujar beliau.

Rasanya senang sekali dapat keluarga baru, dan merasa bagian dari konsumen. Beliau pun cukup respek terhadap layanan produk ini.

Terisnpirasi dari sales mobil hebat di US, yang selalu mengirimkan surat ucapan ke konsumennya setiap bulan. Ya, setiap bulan, tidak peduli beli mobil atau tidak. Beliau punya data nama anak konsumen, hobi konsumen, bahkan mungkin nama ikan peliharaannya…. 🙂

Ok, mulai dari kecil dan sederhana. Perlahan tambahkan data personal konsumen kita. Buat ikatan baru, bukan sekedap penjual – pembeli saja.

3 pemikiran pada “Pentingnya database konsumen

  1. kalo banyak konsumennya perlu sistem yang mengatur kali ya? jadi biar komputerizazi gitzu..
    oya, itu konsep CRM ya? kalo di retails eperti memberi akrtu pelanggan yang ebrisi data diri, di situ record pelanggan bisa diketahuo kan…
    nah surat ucapan ini yang sulit, mungkin bisa dimulai dari sms selamat ulang tahun atau hari raya kali ya..
    saya sering dihubungi malah sama epson, dulu 2005 pernah beli epson c45, sampai sekarang kalo ada promo pasti di sms..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s