menentukan harga produk

uang-koin

Berapa seharusnya produk kita bernilai? 1000? 100.000? 1.000.000.000?

Perhitungan harga produk bisa saja sangat simple, bahkan bisa juga menjadi sangat rumit. Pernahkan anda bayangkan 1 buah bolpoint hanya berharga Rp.200 rupiah saja? Saat ini tentunya. Coba kita ke pabrik tanya berapa harga plasiknya, harga mouldnya, harga tintanya, ongkos membungkusnya, ongkos kirimnya. Sepertinya suatu hal yang mustahil, tapi ternyata ownernya bisa beli mobil CRV baru kan……

Bisnis kita adalah kita yang mengetahuinya. Dan kita harus benar-benar mengetahuinya. Berapa sebenarnya nilai produk kita? Hitungan sederhana adalah modal + biaya-biaya + profit = harga jual. Akan tetapi menentukan biaya sendiri bisa jadi sangat subjektif.

Price is never a concern, unless we believe its first.

Tetapi kenyataan dari survey ternyata berbeda dengan apa yang kita pikirkan. Costumer maupun calon costumer kita banyak yang lebih peduli terhadap nilai dan jasanya. Bukan uang yang dikeluarkan saat membeli.

Tugas kita adalah membuat costumer kita peduli terhadap produk, nilai dan jasa nya. Bagaimana caranya? Buat costumer merasa nyaman membeli produk kita, tidak usah keluar rumah, layanan antar, layanan servis gratis langsung dirumah, hubungi saat delivery, tanya apakah ada masalah, keep in contact.

So masukkan layanan-layanan baru anda sehingga bisa menjual dengan harga yang lebih baik. Kita senang, costumer senang.

 

image : http://jurnalindonesia.files.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s