Kurang maintenance bisa bikin jatuh pesawat?

Note : tulisan ini tidak mengomentari kejadian jatuhnya herkules, tapi terinspirasi dari kejadian tersebut.

Beberapa kejadian jatuhnya pesawat bertubi-tubi terdengar di media massa. Mulai dari pesawat komersil yang ban nya “meletus” hingga pesawat militer yang membawa muatan ratusan nyawa.
Analisa ahli mulai bertebaran, sang kambing hitam sedang dicari. Mulai dari tuanya armada, perawatan, anggaran, cuaca, ketrampilan pilot, makin banyak makin sulit dipahami. Reporter TVone sampai ngotot pada nara sumber bahwa permasalahan pada anggaran. Memang kejadian semacam ini tidak akan terjadi karena satu faktor tunggal. Pesawat herkules yang pertama diproduksi ternyata masih layak terbang lho!!!

Seperti halnya pesawat, bisnis kita juga membutuhkan banyak perawatan. Maintenance bahasa kerennya. Banyak ahli mengatakan lebih sulit mempertahankan dibandingkan meraihnya.

Maintenance our costumer.
Mempertahankan kostumer, membuat loyal, hingga menjadikan evangelist adalah perkerjaan yang tidak mudah. Ada modal yang harus dikumpulkan. Apa itu? Database. Data siapa konsumen kita, siapa, dimana alamatnya, no hpnya. Kapan belinya, berapa banyak, berapa sering.
Leads utama dapat ditelusuri dari data tersebut. Manfaatkan konsep 10 persen dan prioritaskan.

Merawat konsumen juga bisa dilakukan dengan memberikan perhatian extra. Kirim kartu saat milad, kunjungi saat sakit, dan segala sesuatu yang sifatnya personal.

Kisah pesawat militer yang jatuh harus menjadi pelajaran sebelum bisnis kita yang lepas landas ikut jatuh. Pastikan bisnis kita memiliki engine yang tangguh, sayap yang kokoh, pilot yang cakap, dan siap menghadapi pendaratan darurat jika diperlukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s