Karyawan dan buku catatan

Minggu ini ada 2 catatan menarik. Pertama masalah karyawan. Sama halnya seperti kita, pejalanan hidup karyawan juga berliku. Sering khilaf, kadang teledor, lupa, tidak konsentrasi, dan apapun yang berpengaruh langsung terhadap bisnis kita.
Mau tidak mau, suka tidak suka hal tersebut harus kita hadapi. Bagaimana pun juga, karyawan adalah aset dalam bisnis kita. Beliau sendiri juga merupakan bagian dari ibadah kita, memberi nafkah yang halal dan baik bagi keluarga.
Beberapa poin penting saat menghadapi karyawan bermasalah adalah :
1. Kejujuran dan amanah. Pastikan bahwa kita tidak ditipu. Dalam bisnis dan bekerja hal ini sangatlah penting.
2. Keterbukaan. Pastikan memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan karyawan. Masalah karyawan adalah masalah kita juga.
3. Tanggung jawab. Sekecil apapun masalahnya, harus ada konsekwensinya. Ukur dan bicarakan bersama, sehingga menghindari masalah yang sama terulang di kemudian hari.

Buku catatan sakti. Menulis leads, data pelanggan, daftar nama, no kontak, paling mudah dan nyaman menggunakan buku. Pernahkah terbayang catatan bisnis selama 2 tahun hilang? Panik, stress, penyesalan, marah?
Sulit sekali digambarkan. Pasti kalang kabut. Kejadian ini hampir saja terjadi, alhamdulillah belum kesampaian. Siang ini, karena paniknya kecepatan motor vario bisa hampir menyentuh 100km/jam. Memang hebat the power of kepepet ini. Hikmahnya adalah pentingnya back up data. Ada baiknya secara rutin kita pindahkan data kita ke media lain, misalnya softcopy dan disimpan dalam cd.
Sayangi data anda. Just do back up now.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s