[sharing experince] Bisnis sejak dalam kandungan

It’s not about the money, it’s about VALUE

Beberapa hari yang lalu, perjalanan selalu memberi inspirasi. Teringat posting di milis tentang mendidik anak berdagang cukup menginspirasi untuk mengingat masa kecil saya. Tulisan ini hanya sekedar sharing dan bernostalgia semata.

annasBisnis sejak dalam kandungan…. ono-ono wae.
Ya istilahnya sejak kapan sih sebenarnya anda mulai berbisnis. Bisnis? ya berdangang, menjual produk, menjual jasa. Memberi nilai tambah pada sesuatu.

Sekolah Dasar
Kok mulai SD? yang TK kebawah sudah banyak yang lupa sih…..
Saat SD, saya tinggal di rumah, yang sekaligus berfungsi sebagai tempat praktek dokter (ibu) dan tempat jualan telur ayam. Bapak saya juga seorang dokter, tapi beliau memiliki puluhan pengalaman bisnis. Jual telur, melayani pembeli sudah hal biasa. Nenek saya juga memiliki toko kelontong, sehingga saya sering juga ikut membantu atau minimal “menyapa” pelanggan nanya mau beli apa? ujung – ujung nya sih minta jajanan yang dijual.

SMP
Saat SMP bisnis bapak adalah Kebon Jeruk. Bagaimana dengan ayam petelurnya. Bangkrut. ya kalau rugi dibiarkan kan tambah tekor. so pilih ayamnya di jual dan ganti membeli bibit jeruk. Beliau salah satu korban turunnya harga rupiah, sehingga harga pakan ternak naik gila-gilaan.
Saat jeruk mulai panen saya ikut jualan. Beberapa kali juga menjadi SPG jualan di pameran tahunan kota malang di stadion gajayana. Saat itu sudah mengenal uang, tiap akhir pekan biasanya saya menawarkan jasa pijat bagi om dari surabaya.

SMA
Wah ini sudah mulai berkembang juga jiwa bisnisnya. Keluarga tidak pernah memaksa dalam berbisnis. Rasanya hanya seperti naluri saja. Jaman ini bola basket jadi tren. Gak tahu dapet ide dari mana saya jualan ring basket. Awalnya sih bikin ring dipakai sendiri, eh nampaknya permintan lumayan juga. Saat SMA lebih konsen juga di kelembagaan OSIS. Sisi bisnis juga jalan waktu jadi organizer maupun belajar desain dari majalah sekolah.

Bisnis tidak selalu tentang uang, bisnis adalah nilai

Tinggalkan Balasan

