Aha!!!

toko mainanInspirational moment: No life ever grows great until it is focused, dedicated, disciplined. -Harry Emerson Fosdick

Siang ini saya bertemu dengan seseorang yang sangat luar biasa. Tidak banyak bicara, kalem, tepi ternyata kemampuannya luar biasa. Berat memang saat disuatu daerah di jawa tengah, air sudah menjadi barang langka. Sehingga untuk bertani pun harus siap beradu nyawa. Pilihan hanya menjadi buruh harian.

Akhirnya bapak ini merantau ke jakarta sudah hampir 10 tahun, dan kini hampir lebih dari 5 tahun menjadi penopang dan memberi pekerjaan bagi saudara kandungnya dari kampung. Bapak yang sudah berkeluarga tanpa keturunan ini ternyata adalah jago bisnis mainan di mal-mal. Walau saat ini beliau juga masih bekerja dengan gaji pas-pasan, ternyata bisnisnya juga berjalan dengan baik, dan bermanfaat bagi keluarganya.

Saat ini beliau mengelola 2 stand mainan anak yang sewanya sebulan total lebih dari 10 juta. Ya sewa stand saja, belum biaya lain. Subhanallah, jujur saja saya kaget, jumlah itu cukup besar bagi saya. Karena saat ini saya belum berani membuka kios atau sendiri untuk bisnis lamandel. Kisah perjalanan bisnis mainan ini sangat menarik di tilik. Dan memang faktor lokasi menjadi peran yang sangat penting.

Beliau saat ini mengelola 2 buah toko,  depok (Carrefour) dan Cipulir (CBD). Fokus mencari lokasi sangatlah penting. beliau rela berhari-hari “nongkrong” di calon lokasi untuk merasakan suana mall. Dan alhamdulillah berkat ketekunannya beliau mendapatkan lokasi yang pas. Untuk mendapat lokasi yang baik, beliau juga banyak berhubungan langsung dengan EO. Informasi dan negoisasi merupakan skill yang sangat penting.

Hubungan dengan supplier selalu beliau jaga. Saat ini walau dengan modal yang “pas-pasan” beliau enggan untuk berhutang pada supplier. Dengan kelebihan ini pula beliau dikenal suplier sebagai pedagang yang baik, sehingga permasalahan retur barang, pengiriman, model baru selalu mendapat prioritas dari supplier.

Masalah karyawan juga cukup menarik di bahas. Selain melibatkan saudara, beliau juga memiliki beberapa karyawan. Beliau memilih untuk bekerja sama secara syariah dengan karyawannya. Beliau menetapkan sistem bagi hasil, selain memberikan kebutuhan pokok pada karyawannya.

Sharing 2 jam itu benar-benar menginspirasi saya untuk lebih cepat maju. Semoga memberi informasi yang bermanfaat pula bagi anda.

sumber gambar : http://mainkebatam.files.wordpress.com/2008/12/lapak1.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s