Advertising : salah satu faktor kali

radar

Tulisan sejenis tentang memasang iklan pernah saya tulis juga. Tapi saya lupa saya posting dimana….

Iklan adalah sarana untuk memperkenalkan produk ke konsumen. Bisa jasa maupun barang. Cukup banyak tips dan trik untuk menggunakan media sebagai sarana iklan, bahkan sampai bagaimana membuat iklan tanpa bayar. Ya menjadi news, dengan mengirim press release, hingga mengadakan event yang bisa diliput. Herba bagoes sendiri alhamdulillah mendapatkan liputan dari media TV Cabe rawit (http://www.youtube.com/watch?v=KPF_MYtGlWQ&eurl=http%3A%2F%2Flamandel%2Eblogspot%2Ecom%2F&feature=player_embedded dan transTV (http://lamandel.blogspot.com/2009/03/liputan-trans7-di-herba-bagoes.html

Saat ini obatamandel.com masih menggunakan jasa iklan konvensional. Saya masih mencari ide untuk membuatnya menjadi “gratis”, mohon bantuannya dong….. 😉

Setiap bulan saat ini sudah ada anggarang yang khusus dialokasikan untuk belanja iklan. Beberapa media yang pernah dicoba adalah radio, majalah dan koran. Dalam tulisan ini akan lebih membahas iklan di koran, karena memang media ini dinilai cukup efisien dan efektif.

Iklan baris sebenarnya secara budget sangat terjangkau. Beberapa media hanya mengenakan tarif mulai dari 100ribuan untuk dapat beriklan hingga satu bulan. Tapi siapa ya yang baca iklan baris? untuk properti dan kendaraan kemungkinan masih cocok, tapi untuk produk lamandel rasanya kurang efektif. Hingga akhirnya mulai tahun 2008, iklan koran selalu diusahakan di posisi iklan kolom. Lebih besar, lebih sering, lebih baik. Posisi juga sangat menentukan, tapi sayang dalam pengalaman saya beriklan di koran sangat sulit bisa memilih lokasi di atas, di bawah, di kanan, di kiri.

Memilih koran yang pas. Siapa target market anda, dimana dia berada, apa korannya? Saat ini sudah lebih dari 30 media di jakarta. Pilih leads potensial.

Materi iklan juga perlu dibuat sebaik mungkin. Ada beberapa model membuat iklan di koran. Point pentingnya : buat materinya, coba diskusikan dengan rekan anda, tetangga, saudara. tanya : menarik gak? kira kira orang lihat gak ya? apa orang mau baca iklan kita?

Bulan depan ada penawaran menarik dari radar bekasi.  Beberapa pertimbangan menggunakan media ini :

  1. Koran baru oplah masih sekitar 12 ribuan, dari sisi pemberitaan, layout cukup baik. Harga koran terjangkau, sehingga (dari survey ke lapak2 koran) beberapa langganan koran lain mulai beralih ke radar.
  2. Lokasi sebarannya spesifik. Bekasi – Jakarta timur – Karawang
  3. Iklan masih sedikit, sehingga kita bisa tampil optimal
  4. Harga paket iklan menarik…. ini penting juga

Ada yang punya opini tentang koran ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s