Idea to get “free” property

kosPunya kos, kontrakan, dan kios adalah salah satu goal di catatan. Kenapa? Property adalah accelerator sekaligus buffer aset dalam bisnis kita.

Properti sendiri memiliki ketahanan terhadap inflasi, sehingga secara rupiah nampaknya naik. Selain itu faktor pengembangan wilyah, tata kota, dan penambahan penduduk mempengaruhi supply dan demand. Tidak heran kenaikan properti dalam jangka 1-2 tahun bisa mencapai 100% atau lebih.
Tapi dilain sisi, cukup banyak hal lain yang harus dipertimbangkan dalam bisnis properti. Legalitas, tata kota, arsitektur, sipil, dan banyak lagi harus dicermati.

Beberapa hari yang lalu saya melihat spanduk di jalanan properti baru, dan langsung membayangkan bagaimana memperoleh properti murah, bahkan kalau bisa gratis… Asyik kan.

Salah satu guru property yang saya kenal adalah dolf de ross. Di Indonesia sendiri saya pernah melihat pak tung ikut memberikan materi ini, iklan properti gratis juga di sebarkan pak james, dan ada beberapa person dan lembaga yang menawarkan jurus ini. Sampai saat ini saya belum pernah ikut seminar nya sih, karena harganya cukup menguras kantong.

Bagaimana sih ide mendapat properti gratis, atau murah?

  1. Cari orang yang kepepet jual. BU. segera jual, umumnya dijual dibawah harga pasar.  ya paling tidak bisa di nego
  2. Beli rumah dengan DP yang cukup tinggi, sehingga cicilan bisa ditebus dari uang kontrakan. Misal : harga rumah 100 juta. Beri DP 50 juta, sisanya angsuran 500rb/bulan  selama 10 tahun. Rumah bisa dikontrakkan dengan harga 750rb/bulan, so ada cash flow in 250 rb/bulan.
  3. Cari ke KPR, buat harga 2 kali lebih tinggi, sisanya gunakan untuk bisnis/usaha/investasi yang aman. Misal harga rumah 100 Jt, majuin ke bank dengan harga 200 Jt. Lunasi rumah, sisanya gunakan untuk usaha dan bisnis untuk mengembalikan hutang ke bank yang 200 jt tadi
  4. Beli rumah dengan 2 kamar, rombak atau bangun jadi 5-6 kamar. Buat kos-kosan. Cicilan 500rb/bulan, dapet nya 3jt/bulan gross.
  5. Beli ruko, sewakan bagian bawah dengan harga cicilan. Lantai 2 kita pakai sendiri sebagai kantor atau tempat tinggal.
  6. Cari kenalan ke bank, khususnya bagian KPR. Biasanya ada info tentang kredit macet. Siapa tahu ada yang mau jual murah?

Masih banyak sekali ide untuk dapat property gratis atau murah ini. Ada masukkan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s