Mengurus surat ijin usaha (esp makanan minuman / PIRT)

Standar

sumber : blog coklatmentari.com

Cuma mau sharing aja buat teman teman yang punya usaha kuliner…,
Karena saya usahanya makanan kecil jadi mau expansi untuk mengembangkan usaha
jualannya dengan mendapatkan ijin dari DINKES untuk label Coklat Mentari.
Walaupun sekarang ini semua bahan olahannya sudah ada label dari DEPKES & HALAL
Mui, tapi kami mau dapat label sendiri untuk COKLAT MENTARI nya. Karena kalau
sudah dapat ijin tersebut kita bisa memasukkan/jualan yang lebih besar seperti
masuk ke dalam Pasar Modern (carrefour/Giant..dll), katanya….loh.

Akhirnya mulailah bersibuk ria mengurus ijin ijinnya, dari Surat Keterangan
Domisili Usaha yang di urus di RT->RW->Lurah-> sampe tanda tangan CAMAT.
biayanya :
Surat Pengantar dari RT: Gak bayar (masukin aja ke kas RT)
Surat Pengantar dari RW: Gak Bayar (masukin aja ke kas RW)
Surat Pengantar dari Lurah: 50 Ribu (Tadinya 100Ribu, tapi nego dengan
pengurusnya karena dikira mau minta pinjaman dana ke Bank :D)
Tembusan ke CAMAT : bayar 100 Ribu (Tadinya 200 Ribu, karena juga dikira mau
minta pinjaman dana ke Bank :D).
huihh ternyata hari gini masih aja ada yang kayak gini..

Tadi pagi baru saja abis ngurus izin usaha SIUP di kantor walikota Bekasi
tepatnya di BPPT (Balai Pengurusan Perizinan Terpadu)…, ternyata tidak sesulit
yang saya bayangkan…, sempat terlintas mau pake jasa usaha aja tinggal bayar
lebih untuk jasanya.. cuma karena penasaran dan semangat 45 nya untuk mau maju
jadi saya urus sendiri..:P. Pas daftar di Front Officenya
Gak Neko neko.. cuma tinggal kasih :
1. Foto copy SKDU dari camat.
2. Foto copy KTP penanggung jawab usaha
3. Materai 2 Lembar (6000)
4. Biaya Administrasi: 250.000
Jadinya tinggal tunggu sekitas 5 hari kerja (Emang sgitu sih kalo baca baca di
Internet http://www.kotabekasi.go.id tentang urus siup di BPPT)

Nahhh tinggal tunggu SIUP jadi, kebetulan beberapa minggu yang lalu sudah ke
DINKES, katanya akan ada penyuluhan untuk ijin usaha Makanan dan Minuman tanggal
21 ini. Di sini juga gak banyak neko neko kok.
Tinggal daftar ke bagian pelayanan Makanan & Minuman ambil formulir.
Biayanya 300 Ribu (Ini biaya sudah semua, termasuk bayar penyuluh dan snack
untuk pas hari H penyuluhan nanti yang 1 hari penuh dari pagi sampe sore).
Cuma emang di DINKES nya itu yang agak lama karena harus menunggu total 30
pendaftar untuk penyuluhan barengnya, kemaren aja pas daftar urutan 17 pas bulan
February (kalo gak salah). Tapi tgl 21 ini sudah akan dimulai penyuluhannya,
insyaallah setelah itu baru dapat surat dari DINKES untuk No P-IRT COKLAT
MENTARI.

Mudah mudahan semua lancar sampe suratnya keluar semua…

About these ads

13 thoughts on “Mengurus surat ijin usaha (esp makanan minuman / PIRT)

  1. wah ternyata masih bayar toh pak annas.katanya membela UKM dan ekonomi kerakyatan kan mereka paegawainya kita yang bayar dari pajak. dan instansisnya disubsidi APBN dari pajak.

    rempong emang hidup di negeri Indon yaaa,

  2. Terimakasih bapak sharingnya tulisan yg bermanfaat.
    Kebetulan sy jg sdg memulai usaha, niatnya sih jg ingin mengurus sgala legalitas yg ditetapkan tp di awal2 memulai usaha ternyata banyak jg yg hrs dikerjakan. Smga semua lancar.
    Oh ya kalau boleh tau ketika awal memulai apakah lgs mengurus perizinan atau berjalan saja dlu hingga dirasa amat dibutuhkan?

  3. Hi there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be ok. I’m definitely enjoying
    your blog and look forward to new updates.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s